Mengecek Kondisi Pendengaran Anda

Mengapa Anda Harus Mengecek Kondisi Pendengaran Anda secara berkala?

Percaya atau tidak, gangguan pendengaran banyak terjadi saat ini. Sebagai buktinya, di Amerika Serikat, kondisi ini telah menjadi permasalahan kesehatan umum nomor tiga yang kerap terjadi. Gangguan ini tidak hanya menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia tetapi juga orang-orang yang masih muda. Kebanyakan, gangguan pendengaran yang terjadi adalah kehilangan pendengaran atau menurunnya fungsi telinga untuk mendengar. Oleh karena itu, cukup penting untuk mengecek kondisi pendengaran Anda sejak diri. Terlebih jika Anda sudah merasa ada hal yang tidak beres dengan pendengaran Anda. Mengapa tidak segera memastikannya saja?
Sayangnya, banyak orang sering menyepelekan hal ini. Tidak heran, ketika orang-orang mulai merasakan munculnya gejala dan tanda gangguan pendengaran pada telinganya, kondisinya sudah cukup parah. Sehingga, mereka pun mau tidak mau harus menggunakan alat bantu dengar untuk tetap dapat mendengar dengan baik.

Berikut 11 hal yang dapat menjadi alasan Anda untuk rutin mengecek kondisi pendengaran Anda

1. Tes pengecekan kondisi pendengaran tidak menyakitkan. Prosesnya pun tidak lama karena hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam.
2. Gangguan pendengaran, seperti hilangnya fungsi mendengar dengan baik, dapat menjadi salah satu tanda awal atau “bendera merah” untuk kondisi kesehatan Anda yang lainnya, seperti penyakit kardiovaskular dan penyakit diabetes.
3. Jika nantinya Anda memperoleh hasil tes pendengaran yang normal, maka Anda akan dapat membanggakan diri Anda pada teman-teman Anda, sehingga mereka tidak akan dapat lagi mengejek Anda seperti dahulu.
4. Salah satu lembaga kesehatan yang cukup terkenal di Amerika Serikat, yaitu Mayo Clinic, juga telah memberikan rekomendasi untuk melakukan pengecekan kondisi pendengaran Anda secara rutin, terutama bagi orang dewasa.
5. Gangguan pendengaran yang tidak diobati akan menyebabkan peningkatan risiko munculnya demensia di kemudian hari.
6. Sebagian besar klinik yang menyediakan jasa tes pendengaran, biasanya memberikan tes pendengaran dan konsultasi gratis. Masukin link ABDI
7. Gangguan pendengaran yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko jatuh Anda, karena secara tidak langsung akan mengganggu keseimbangan Anda.
8. Penanganan gangguan pendengaran dengan baik melalui alat bantu dengar telah terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi kognitif di kemudian hari.
9. Gangguan pendengaran yang tidak diobati telah terbukti dapat berkontribusi terhadap depresi dan isolasi sosial di kemudian hari.
10. Penanganan gangguan pendengaran dengan baik telah terlihat dapat meningkatkan produktifitas dan penghasilan Anda.
11. Terakhir, dengan rutinnya Anda mengecek kondisi pendengaran Anda, hal ini berarti Anda telah proaktif dengan kondisi kesehatan Anda. Hal tersebut juga berarti bahwa Anda telah sedikit memberikan perhatian pada penjagaan kualitas hidup Anda kelak.

Baca Juga  Mengenai Gangguan Pendengaran

Leave a Reply