4 Fakta Tentang Gangguan Pendengaran

4 Fakta Tentang Gangguan Pendengaran
Yang Perlu Diketahui Tentang Berbagai Jenis Gangguan Pendengaran

Dengan begitu banyak orang di Amerika yang terkena gangguan pendengaran – sebenarnya sekitar 48 juta – penting untuk mengetahui bagaimana kondisi ini terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki seputar gangguan pendengaran, semakin sedikit rasa terisolasi bagi Anda atau orang yang Anda cintai.

Jenis Gangguan Pendengaran

Ada tiga jenis gangguan pendengaran yang biasanya dibedakan berdasarkan bagian telinga yang terkena. Sensorineural, jenis gangguan pendengaran yang paling umum, disebabkan oleh kerusakan telinga bagian dalam di mana terdapat jalur saraf yang menuju ke otak untuk membantu Anda mendengar. Gangguan pendengaran konduktif terjadi ketika ada kerusakan atau penyumbatan di telinga luar atau tengah yang menghalangi gelombang suara untuk melewatinya. Kedua jenis gangguan pendengaran tersebut dapat terjadi secara bersamaan, yang kemudian disebut sebagai “gangguan pendengaran campuran”.

Gejala gangguan pendengaran bisa sama untuk setiap jenis. Anda mungkin mengalami ucapan dan suara yang teredam, kesulitan memahami percakapan, atau Anda mungkin merasa perlu menaikkan volume di televisi. Gangguan pendengaran juga dapat berkisar dari tingkat keparahan mulai dari ringan hingga berat.

Penyebab Gangguan Pendengaran

Setiap jenis gangguan pendengaran dapat memiliki berbagai penyebab potensial. Gangguan pendengaran sensorineural dapat disebabkan oleh hal-hal seperti kondisi genetik, paparan suara keras, obat-obatan dan penyakit tertentu, atau cedera kepala. Gangguan pendengaran konduktif juga dapat disebabkan oleh cedera kepala, tetapi juga dapat disebabkan oleh hal-hal seperti infeksi, masalah struktur, benda asing, atau tumor jinak.

Gangguan pendengaran campuran dapat memiliki satu atau lebih penyebab gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif yang sama yang memengaruhi banyak bagian telinga.

Perawatan Gangguan Pendengaran

Bergantung pada jenis gangguan pendengaran yang Anda hadapi, ada pilihan pengobatan yang berbeda. Gangguan pendengaran konduktif dapat lebih mudah diobati, dan berpotensi dibalik, dengan penggunaan obat atau dengan prosedur. Misalnya, gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kotoran telinga yang terkena dapat diatasi dengan pembersihan dari penyedia perawatan pendengaran Anda. Sensorineural biasanya tidak reversibel, tetapi ada opsi yang dapat memberikan kelegaan. Alat bantu dengar bisa menjadi pilihan yang baik bagi banyak orang dengan gangguan pendengaran.

Langkah pertama dalam mengobati segala jenis gangguan pendengaran adalah dengan menerima pemeriksaan menyeluruh dari ahli perawatan pendengaran. Apakah itu datang tiba-tiba, atau semakin memburuk selama bertahun-tahun, penting untuk diperiksa dan kemungkinan diobati. Mengobati gangguan pendengaran Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup Anda.

 

Source:
Hearing Loss: What type do you have and what can you do? (centerforaud.com)