5 Aktivitas Untuk Mencegah Gangguan Pendengaran dan Meningkatkan Pendengaran

5 Aktivitas Untuk Mencegah Gangguan Pendengaran dan Meningkatkan Pendengaran

Khawatir tentang gangguan pendengaran memburuk? Tidak yakin apakah mengalami gangguan pendengaran? Berikut adalah lima jenis aktivitas yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan pendengaran dan mencegah gangguan pendengaran

Pecahkan teka-teki untuk melawan gangguan pendengaran

Otak memainkan peran utama dalam memproses informasi suara yang diterima telinga kita sehingga kita tidak bisa mengabaikannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara gangguan pendengaran dan kondisi mental seperti kecemasan dan depresi.

Baca juga : Gangguan Pendengaran Dapat Menyebabkan Depresi

Ini bisa jadi akibat atrofi otak, yaitu ketika sel dan koneksi otak menyusut atau rusak. Seperti otot, otak membutuhkan latihan yang baik untuk tetap kuat dan terus memompa.

Memecahkan berbagai teka-teki seperti teka-teki silang , pencarian kata , dan Sudoku sepanjang hari atau minggu adalah latihan yang menyenangkan untuk membuat cairan otak mengalir dan mencegah atrofi otak. Bermain bingo dan permainan kartu, seperti hati dan poker, juga merupakan cara yang bagus untuk melatih otak dengan teman-teman dalam lingkungan sosial.

Lakukan yoga untuk meningkatkan pendengaran

Yoga dikenal dan banyak dipraktikkan untuk berbagai manfaat kesehatannya. Untungnya, ada latihan yoga yang membantu pendengaran juga! Tujuan utama latihan ini adalah untuk meningkatkan sirkulasi di telinga dan otak, karena peningkatan sirkulasi membantu meningkatkan fungsi saraf dan menghilangkan limbah dan racun.

Pose Рpose yoga yang membantu peredaran darah termasuk pose pohon, lotus, kobra, dan segitiga. Yoga juga dapat membantu dengan tinitus , dan ada banyak video gratis di situs-situs seperti  YouTube .

Berolahraga setiap hari untuk membantu pendengaran

Menjaga tubuh dalam kondisi prima sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga dan otak. Berolahraga setiap hari dengan jalan-jalan atau bekerja, melakukan yoga, atau bahkan hanya berkebun atau melakukan pekerjaan rumah sangat bagus untuk membuat darah memompa dan sirkulasi menjadi kuat.

Kami merekomendasikan untuk tidak berolahraga dengan headphone, earphone, atau sumber musik keras apa pun karena paparan berulang terhadap suara keras dapat merusak rambut telinga, yang tidak dapat diganti. Jika memutuskan untuk berolahraga dengan musik, jaga agar volume relatif tenang dan nyaman.

Sebagai aturan praktis, jika orang-orang di sekitar dapat mendengarkan musik yang diputar di headphone atau earphone yang kita gunakan, kemungkinan musik yang kita dengarakan terlalu keras.

Meditasi untuk meningkatkan pendengaran

Meditasi di taman atau area publik lainnya di mana akan dikelilingi oleh berbagai suara. Saat bermeditasi, ambil napas dalam-dalam untuk membantu sirkulasi darah dan meningkatkan oksigen di tubuh. Fokus masuk dan keluar pada setiap suara di sekitar dan cobalah untuk menemukan dimana setiap suara berasal.

Latihan ini akan membantu berkonsentrasi pada menguraikan suara di lingkungan yang bising dan menentukan lokasi masing-masing suara.

Berlatihlah fokus dan temukan suara untuk mempertajam pendengaran

Latihan mendengar dapat membantu mengasah dari mana suara berasal dan siapa atau apa yang membuat suara. Tempatkan radio atau speaker di satu area ruangan, dan putar musik atau suara dengan volume yang nyaman. Tempatkan sumber suara lain di area ruangan yang berbeda, dan naikkan volume sampai kombinasi kedua suara menciptakan lingkungan yang bising.

Mintalah seseorang bergerak di sekitar ruangan saat membaca kalimat dari buku atau koran. Tutup mata, ulangi kalimat itu kembali ke mereka, dan cobalah mencari dari mana dia membaca kalimat itu.

Sementara kegiatan ini meningkatkan kesehatan pendengaran, mereka yang mengalami gangguan pendengaran harus mendapatkan tes pendengaran . Gangguan pendengaran yang tidak diobati telah terbukti berdampak pada kognisi, kesehatan, dan kesehatan mental. Segera hubungi tenaga perawatan pendengaran profesional di sekitar untuk memperoleh informasi dan jadwal pemeriksaan pendengaran , dan lakukan aktivitas seperti yang diatas secara rutin untuk membantu meningkatkan kemampuan pendengaran dan mencegah gangguan pendengaran