Demensia Dan Gangguan Pendengaran

Demensia Dan Gangguan Pendengaran

Penelitian oleh Johns Hopkins University dan lainnya telah mengkonfirmasi apa yang telah lama ditakuti oleh banyak audiolog dan dokter: ada hubungan yang tak terbantahkan antara gangguan pendengaran dan penurunan kognitif. Masalah awal seperti kehilangan memori dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dapat memburuk seiring waktu. Jika tidak ditangani, hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan demensia dan bentuk gangguan kognitif parah lainnya.

Penelitian Mengenai Demensia dan Gangguan Pendengaran

Dalam studi terbaru, yang diterbitkan pada 2013, 2.000 orang dewasa yang lebih tua (usia rata-rata: 77) dilacak selama enam tahun. Mereka yang memulai studi dengan gangguan pendengaran terburuk – gangguan cukup buruk untuk mengganggu kemampuan percakapan sehari-hari. 24% lebih mungkin melihat penurunan kemampuan kognitif dibandingkan dengan individu dengan pendengaran normal. Sebuah studi serupa yang diterbitkan pada tahun 2011 menyimpulkan bahwa orang dengan gangguan pendengaran sedang tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan demensia.

Hubungan Gangguan Pendengaran dan Demensia

Meskipun alasan korelasi tidak sepenuhnya dipahami, ada beberapa teori. Mungkin saja peningkatan beban kognitif yang dialami otak saat mencoba mendengar dengan benar membebani sumber daya yang seharusnya tersedia untuk memori dan konsentrasi. Atau, penurunan ” materi abu-abu ” otak dapat menyebabkan penyusutan sel-sel otak dan mengakibatkan ketidakmampuan untuk memproses suara. Faktor lain mungkin isolasi sosial banyak individu dengan pengalaman gangguan pendengaran; Kurangnya sosialisasi ini telah terbukti mempercepat penurunan kognitif dan demensia.

Alat Bantu Dengar

Apapun alasannya, satu hal yang jelas: alat bantu dengar bisa membantu. Studi menunjukkan bahwa pasien yang mengatasi gangguan pendengaran mereka dengan alat bantu dengar akan mengurangi kemungkinan penurunan kognitif mereka dan, paling tidak, menunda timbulnya demensia. Deteksi dini adalah kuncinya! Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, yang terbaik adalah mencari penanganan secepat mungkin untuk menghindari kemunduran mental. Bahkan jika Anda tidak menyadari suatu masalah lain yang diakibatkan oleh gangguan pendengaran, jadwalkan evaluasi pendengaran untuk memastikan. Karena gejalanya berkembang secara perlahan, banyak orang yang hanya menyesuaikan diri dengan perubahan pendengaran secara bertahap tanpa menyadari adanya kemunduran pendengarannya.

Baca Juga  Persiapan Tympanoplasty: Sebelum dan Sesudah

 

Sumber:

https://arizonahearing.com/hearing-loss/hearing-loss-and-dementia/