Gangguan Pendengaran adalah Penyebab Kesepian Yang Dapat Diobati

gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran – Kesepian biasanya dianggap seperti kebanyakan emosi manusia lainnya – cepat berlalu dan hampir tidak berbahaya. Walaupun kesepian dalam waktu singkat mungkin tidak memiliki efek negatif. Akan tetapi kesepian yang berkepanjangan bersifat racun dan meningkatkan risiko kematian sebesar 26%. Faktanya, kesepian sama berbahayanya dengan kesehatan Anda seperti merokok 15 batang sehari dan meningkatkan risiko penyakit jantung, demensia, depresi, stroke, diabetes dan kanker.

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana kesepian bisa menyebabkan semua itu? Biarkan saya menjelaskannya padamu.

Bagaimana kesepian mempengaruhi kesehatan kita

Seperti makanan dan air, manusia membutuhkan hubungan sosial untuk berkembang dan bertahan hidup. Koneksi ini menciptakan rasa memiliki dan keamanan. Saat kita kehilangan hubungan penting ini, karena jarak sosial, gangguan pendengaran, atau sejumlah alasan lainnya, sistem saraf simpatik kita merasakan ancaman keamanan dan mulai menyala. Ini adalah reaksi yang sepenuhnya refleksif.

Sebagai tanggapan, tubuh mulai membuat hormon seperti kortisol dan epinefrin (juga dikenal sebagai adrenalin), bersiap untuk melawan atau lari. Seiring waktu, paparan kortisol berlebih secara terus-menerus dapat merusak kesehatan kita. Denyut jantung dan tekanan darah yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung; peningkatan faktor pembekuan darah meningkatkan risiko stroke; kadar glukosa yang lebih tinggi meningkatkan risiko diabetes; dan tidak memiliki sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik meningkatkan risiko kanker.

Anda mengerti maksudnya. Kesepian yang berkepanjangan tidak baik untuk kesehatan Anda.

Sayangnya, banyak faktor risiko kesepian yang sulit atau tidak mungkin diubah atau dibalik termasuk usia lanjut, perempuan, tinggal di pedesaan, berpendidikan rendah, atau status kesehatan yang buruk.

Gangguan pendengaran merupakan salah satu penyebab kesepian yang bisa disembuhkan

Kabar baiknya, penyebab kesepian yang bisa diobati adalah gangguan pendengaran. Dan itu masuk akal. Saat mendengar adalah sebuah tantangan, begitu pula komunikasi dan menjaga hubungan dengan teman, keluarga dan pengasuh. Untuk menghindari ketegangan sosial dan ketidaknyamanan karena tidak dapat mendengar, banyak orang menarik diri dari percakapan dan akhirnya kembali dalam kesendiriannya.

Baca Juga  Gangguan Pendengaran atau Tunarungu

Tetapi kesepian karena gangguan pendengaran dapat diobati dengan alat bantu dengar. Berkat teknologi yang pertama di industri, alat bantu dengar Starkey menghadirkan suara yang superior, pelacakan tubuh dan otak, serta asisten pribadi bawaan. Mereka dirancang untuk tidak mencolok, pas di dalam atau di belakang telinga dan menghubungkan Anda kembali ke dunia di sekitar Anda.

Sains menjadi lebih jelas setiap hari: inilah waktunya untuk menempatkan kesehatan pendengaran di garis depan dari keseluruhan kesehatan karena itu penting, dan dampaknya sangat luas.