Gangguan Pendengaran Dan Depresi

Gangguan Pendengaran Dan Depresi

Gangguan pendengaran dan depresi – Gangguan pendengaran yang tidak segera diatasi dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Tetapi tahukah Anda bahwa hal itu juga dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda? Jika tidak segera diatasi, gangguan pendengaran tidak hanya mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendengar. Tetapi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mental Anda. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi pendengaran Anda memainkan peran penting dalam cara kerja otak Anda.

Penelitian telah membuktikan bahwa gangguan pendengaran yang tidak diatasi dapat dihubungkan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Tetapi bila gangguan pendengaran tidak diatasi, lama kelamaan dapat menyebabkan komorbiditas lain seperti isolasi sosial, depresi, dan bahkan penurunan kognitif.

Hubungan Gangguan Pendengaran Dan Depresi

Jika tidak diatasi, gangguan pendengaran membuat sulit untuk tidak hanya mendengar suara, tetapi juga untuk memahami dan memproses suara menjadi informasi. Karena kita mendengar dengan otak kita, bukan telinga. Gangguan pendengaran yang tidak diatasi dapat berdampak negatif pada kemampuan otak Anda untuk tetap aktif dan sehat. Tanpa stimulasi yang tepat yang diterima otak dari sinyal suara, Anda bisa menjadi pelupa atau kesulitan menyimpan informasi baru.

Ketika Anda tidak mengatasi gangguan pendengaran Anda dengan alat bantu dengar, menjadi semakin sulit untuk mengikuti percakapan karena Anda tidak dapat mendengar apa yang dikatakan lawan bicara Anda. Hal ini dapat menyebabkan rasa malu atau merasa malu karena Anda harus meminta orang untuk mengulanginya atau Anda mungkin merespon dengan tidak tepat. Lambat laun, Anda dapat menarik diri dari interaksi sosial.

Individu dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi telah melaporkan merasa lebih sedih daripada mereka yang mengelola / mengatasi gangguan pendengarannya dengan alat bantu dengar. Jika Anda menghindari interaksi sosial atau melihat teman dan keluarga Anda yang dapat menyebabkan perasaan kesepian dan depresi.

Apa yang bisa kau lakukan?

Anda layak menjadi bagian dari percakapan dan harus memiliki kebebasan untuk berinteraksi dengan orang yang paling Anda cintai. Anda tidak harus membiarkan gangguan pendengaran menghalangi Anda bersosialisasi dengan teman dan keluarga. Salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi gangguan pendengaran adalah dengan memakai alat bantu dengar. Alat bantu dengar tidak hanya akan memberi Anda amplifikasi yang tepat untuk mendengar apa yang dikatakan, tetapi juga memberi Anda kejelasan dan dapat menyaring kebisingan.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, jangan biarkan hal itu memengaruhi kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Kunjungi spesialis pendengaran bersertifikat. Mereka dapat mendiagnosis tingkat dan jenis gangguan pendengaran yang Anda alami dan membantu Anda menemukan alat bantu dengar yang memungkinkan Anda mendengar kembali.

Temukan penyedia EarQ lokal Anda dan buat janji untuk mulai mendengar lebih baik hari ini. Jangan biarkan gangguan pendengaran berdampak negatif pada hidup Anda, proaktif tentang kesehatan pendengaran Anda dengan mengunjungi spesialis pendengaran.

 

Sumber:
https://www.earq.com/hearing-health/articles/untreated-hearing-loss-and-depression