Penyebab Gangguan Pendengaran: Gaya Hidup

Penyebab Gangguan Pendengaran: Gaya Hidup

Bisakah gaya hidup Anda dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran? Sebuah studi oleh Johns Hopkins Medicine menunjukkan bahwa pada tahun 2060, jumlah orang di atas usia 20 tahun yang mengalami gangguan pendengaran hampir dua kali lipat. Ada beberapa alasan untuk ini; namun, hal itu dapat dikaitkan dengan gaya hidup modern kita.

Banyak aktivitas yang kita lakukan dan tempat yang kita kunjungi berpotensi membahayakan pendengaran kita. Banyak yang harus dilakukan dengan desibel tinggi. Hanya dibutuhkan suara 85 desibel (dB) atau lebih tinggi untuk menyebabkan kerusakan pendengaran permanen seperti gangguan pendengaran akibat kebisingan atau tinnitus (telinga berdenging). Itu kira-kira sekeras mesin pemotong rumput rata-rata. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan pendengaran yang baik dan tetap melakukan hal-hal yang Anda sukai!

Beberapa Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran

1. Earbud

Apakah Anda menaikkan volume saat mendengarkan kemacetan? Meskipun ini mungkin membantu Anda menjalani latihan atau menangani perjalanan Anda ke tempat kerja, itu bukan ide terbaik untuk jangka panjang. Ini merusak kesehatan pendengaran Anda dan merupakan salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan pada telinga Anda.

Kecilkan volumenya sedikit dan istirahatkan telinga Anda sesekali! Aturan praktis yang baik adalah menjaga perangkat Anda di bawah 60% dari kapasitas volumenya. Jangan khawatir, Anda masih akan menikmati kemacetan Anda!

2. Konser

Penyebab Gangguan Pendengaran: Gaya Hidup

Pergi ke konser selalu merupakan kegiatan yang bagus, tetapi banyak tempat yang terlalu bising. Rata-rata konser rock bisa mencapai antara 110 dan 140 dB! Mengekspos diri Anda pada hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran akibat kebisingan, terkadang hanya setelah satu konser. Pernahkah Anda mengalami telinga berdenging setelah pergi ke konser? Itu dikenal sebagai tinnitus, dan itu adalah tanda bahwa Anda telah melakukan kerusakan permanen pada pendengaran Anda.

Bawalah penutup telinga, jika Anda pergi ke konser. Jika seluruh keluarga ikut, berinvestasilah dalam beberapa penutup telinga khusus yang dibuat khusus untuk anak-anak! Jika Anda bisa, cobalah mencari tempat duduk yang tidak berada di sebelah pembicara atau kerumunan orang.

Baca Juga  Jenis-jenis Gangguan Pendengaran
3. Bioskop

Menonton film seperti Spiderman di teater memang mengasyikkan, tetapi sangat keras. Beberapa film mencapai hampir 100 dB. Terlepas dari upaya advokasi kesehatan pendengaran, saat ini, bioskop di Amerika Serikat tidak memiliki peraturan untuk volume pengeras suara.

Tentu saja, kami tidak ingin Anda melewatkan rilis film Star Wars berikutnya, jadi kenakan pelindung telinga. Anda juga dapat menontonnya di rumah dalam beberapa minggu di mana Anda menghemat uang dan dapat berhenti sejenak untuk mengisi popcorn Anda.

4. Acara Olahraga

Jika Anda adalah penggemar olahraga, dan menyaksikan cabang olahraga kesukaan Anda langsung di stadion kenakanlah pelindung telinga Anda. Faktanya, rata-rata stadion memiliki pengeras suara yang melebihi 100 desibel, yang sangat merusak telinga Anda. Seperti halnya dua stadion yang terdapat di Amerika, seperti Seattle Seahawks naik hingga 137,6 dB pada tahun 2013, dan Kansas City Chiefs naik ke tingkat yang memekakkan telinga 142,2 dB! Wah – itu keras! Sekali lagi, pastikan Anda mengenakan pelindung pendengaran Anda!

5. Restoran dan Bar

Beberapa restoran dan bar bisa sedikit bising dan ramai. Percakapan rata-rata duduk di sekitar 50-65 dB. Saat beberapa percakapan terjadi sekaligus dan restoran memutar musik latar, suasananya bisa menjadi terlalu berisik! Bar olahraga juga terkenal karena banyaknya televisi dan keramaian yang bising.

Jika merasa lingkungan terlalu bising, minta saja pelayan atau bartender Anda untuk mengecilkan volume TV atau musik! Kesehatan pendengaran Anda penting. Atau jika Anda merasa canggung berbicara dengan pelayan untuk mengecilkan volume TV, Anda dapat mengenakan pelindung telinga Anda, dengan begitu pendengaran Anda akan terjaga.

Pada akhirnya, gaya hidup modern kita dapat menghambat kesehatan pendengaran kita, tetapi Anda tidak perlu melewatkan pengalaman hidup yang luar biasa. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi cerdas dan terlindungi. Jika Anda belum memiliki pelindung pendengaran, segera dapatkan di tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Baca Juga  Auditory Processing Disorder (APD)

 

Sumber:

https://www.earq.com/hearing-health/articles/could-your-lifestyle-cause-hearing-loss