January 27, 2021
mengatasi dan mencegah gangguan pendengaran

Mencegah dan Mengatasi Gangguan Pendengaran

Mencegah dan Mengatasi Gangguan Pendengaran

Hampir semua orang memiliki masalah gangguan pendengaran dengan seiring bertambahnya usia. Sebenarnya, masalah gangguan  ini bisa datang lebih awal pada usia awal remaja maupun pada usia senja, tergantung dari seberapa sering terpapar pemicu gangguan tersebut dan bagaimana merawat kesehatan pendengaran.

Untuk mengetahui secara lebih lanjut tentang gangguan pendengaran, apa pemicunya dan bagaimana cara mengatasinya, mari kita diskusikan di bawah ini.

 

Apa itu gangguan pendengaran?

Kehilangan pendengaran adalah bagian bertahap dan normal dari proses penuaan. Namun, kebisingan yang berlebihan masih menjadi penyebab utama. Gangguan pendengaran permanen dapat terjadi hampir secara instan dengan paparan suara yang tidak terlindungi.

 

Bagaimana cara untuk melindungi diri dari kebisingan:
  • Jika tingkat kebisingan di tempat kerja melebihi 85dB, kurangi tingkat kebisingan atau pakai perlindungan pendengaran.
  • Turunkan volume televisi, stereo, dan iPod. Berhati-hatilah jika menggunakan headphone atau earbud.
  • Berhati-hatilah untuk tidak menaikkan volume stereo mobil terlalu keras untuk mengimbangi kebisingan dari mesin atau angin.
  • Pakailah filter suara khusus atau penyumbat telinga padat jika pergi ke konser rock atau klub malam, dan jangan berdiri di dekat pengeras suara.
  • Kenakan headphone atau penyumbat telinga padat jika menggunakan peralatan berisik seperti bor, mesin pemotong rumput, dll.

 

Bagaimana cara untuk menghindari kerusakan dari benda asing:

Jangan gunakan kapas untuk membersihkan telinga. Hal itu dapat mendorong conge ke bawah ke gendang telinga dan dapat meningkatkan produksi conge dan / atau merusak gendang telinga.

Hindari mencuci dengan air yang tidak bersih untuk mencegah infeksi telinga.

 

Apa itu desibel?

Desibel (dB) mengukur intensitas suara: dari 0dB, yang merupakan suara paling samar yang dapat dideteksi telinga manusia, hingga suara roket saat peluncuran, yang dapat melebihi 180dB.

Baca Juga  Headphone, Beresiko Pada Kehilangan Pendengaran

Para ahli biasanya menganggap paparan lebih dari 85dB berbahaya, yang berarti hal-hal seperti sepeda motor, headphone, dan mesin pemotong rumput berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

 

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi gangguan pendengaran?
  • Lakukan tes pendengaran secara berkala untuk mengetahui tingkat kesehatan pendengaran.
  • Hindari tingkat kebisingan tinggi atau gunakan pelindung telinga jika paparan kebisingan tersebut tidak bisa kita hindari.
  • Biasakan untuk mendengar suara apapun dalam volume normal
  • Jika gangguan pendengaran mulai terjadi, maka segeralah untuk meminta bantua ahli perawatan pendengaran untuk mencarikan alat bantu dengar yang sesuai untuk terhindar dari tingkat gangguan yang semakin parah.