January 27, 2021

Mengapa Mengalami Gangguan Pendengaran Dapat Membuat Lebih Cepat Lelah?

Setiap orang yang mengalami gangguan pendengaran tentu akan mengenali situasi seperti cepat merasa lelah dan jenuh setelah berada bersama dengan orang lain. Berbeda dengan orang yang memiliki pendengaran normal, ia tidak akan merasakan hal serupa saat sedang bersama dengan orang lain. penderita gangguan pendengaran akan merasa sulit berkomunikasi saat sedang dengan kelompok tersebut. Maka tak heran jika orang yang mengalami gangguan pendengaran lebih mudah lelah dibanding dengan orang yang memiliki pendengaran yang normal.
Sayangnya,  biasanya situasi seperti ini tidak disadari oleh orang dengan pendengaran normal, sehingga apabila tak bisa saling mengerti maka ini dapat memungkinkan terjadi adanya kesalahpahaman bagi kedua belah pihak, baik yang normal maupun yang terganggu pendengarannya.
Berkaitan dengan itu, maka ada alasan mengapa seseorang dengan gangguan pendengaran lebih cepat merasa lelah dibanding dengan orang yang memiliki pendengaran normal, tak lain adalah karena mereka membutuhkan lebih banyak energi daripada yang normal untuk dapat mendengarkan.

Diperkirakan bahwa seseorang yang mengalami gangguan pendengaran menggunakan hingga 50% energinya dalam berkomunikasi sehari-hari, sedangkan bagi orang dengan pendengaran normal hanya menggunakan sekitar 5% saja untuk itu, angka yang sangat banyak untuk dibandingkan. Maka bisa dibayangkan bagaimana sulitnya seseorang dengan gangguan pendengaran bisa berkomunikasi dengan orang lain (orang dengan pendengaran normal) di kehidupan sehari-hari.
Dalam hal ini, seseorang dengan gangguan pendengaran harus menggunakan lebih banyak energi untuk membedakan suara yang di dengar saat berkomunikasi. Selain itu, mereka juga membutuhkan energi ekstra untuk mengabaikan suara yang berada diluar percakapan. Hal ini mereka lakukan agar mereka dapat fokus mendengar apa yang lawan bicaranya katakan kepadanya, bukan orang lain.
Seperti yang diketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari, energi ekstra ini tidak dimiliki oleh orang dengan kemampuan pendengaran yang normal. Sama halnya dengan orang yang memiliki gangguan pendengaran, mereka juga tidak memiliki energi tersebut, sehingga tak heran jika mereka akan lebih cepat kehabisan tenaga dibanding dengan orang yang dengan pendengaran yang baik-baik saja.
Nah, jika masih bingung mengintepretasikannya, maka Anda yang memiliki pendengaran normal, bisa membayangkan situasi diatas sama seperti ini: bayangkan saat ini Anda sedang berada dalam kondisi dimana Anda sedang mencoba berkonsentrasi pada sebuah percakapan dengan orang yang menggunakan aksen asing atau berbeda dengan Anda.
Dalam hal ini sebenarnya Anda memahami bahasanya, tapi sayangnya tidak lancar untuk menggunakannya, sehingga Anda membutuhkan konsentrasi dan energi ekstra untuk dapat berkomunikasi dengan baik bersama orang tersebut. Nah, kurang lebih itulah apa yang dirasakan oleh orang dengan gangguan pendengaran saat berkomunikasi dengan orang yang normal pendengarannya.

Ingatlah untuk beristirahat dengan cukup, serta mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik. Bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran, ingatlah untuk sejenak beristirahat beberapa saat dalam sehari.  Hal ini penting karena dapat berfungsi untuk mengisi kembali energi yang telah Anda  gunakan untuk beraktivitas sebelumnya. Jika perlu, jelaskan juga kepada orang-orang disekitar Anda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak untuk mengembalikan energi yang telah habis dipakai. Biasanya orang-orang ini akan memahami kondisi Anda, jadi jangan pernah ragu untuk mengatakan yang sebenarnya kepada mereka.
Demikian alasan mengapa seseorang dengan gangguan pendengaran akan lebih mudah merasa lelah dibanding dengan orang yang berpendengaran normal. Jadi, jika Anda menemui orang dengan kondisi demikian maka Anda tak perlu heran lagi. Maklumi saja kondisi, dan bersabarlah untuk menghadapinya.
 

Baca Juga  Dampak Gangguan Pendengaran

Leave a Reply