Penderita Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran merupakan sebuah disabilitas yang membuat seseorang dipandang sebelah mata. Mereka sering kali tidak diikutsertakan dalam sebuah percakapan, dengan kata lain diasingkan karena kemampuan mendengarkan mereka yang masih kurang. Di luar sana, sudah banyak mereka yang mengalami gangguan pendengaran namun dikenal oleh orang banyak dan dipandang layaknya manusia biasa. Untuk itu, mereka yang normal perlu mengetahui apa yang dirasakan dan dialami oleh penderita gangguan pendengaran.

Orang orang perlu mengetahui bahwa Anda, sebagai penyandang gangguan pendengaran bukanlah seseorang yang lemah dan tidak bisa apa-apa. Anda harus menunjukkan dengan kekurangan yang Anda miliki, Anda bisa melampui mereka yang hidup normal tanpa kekurangan apapun. Dengan begitu, Anda akan dianggap dan dihormati oleh orang orang di sekeliling Anda karena usaha yang telah Anda lakukan menunjukkan bahwa gangguan pendengaran bukanlah halangan bagi Anda untuk melakukan yang terbaik.

Membuat Penderita Gangguan Pendengaran Menjadi Manusia Seutuhnya

Berikut ini adalah beberapa tips bagi penderita gangguan pendengaran agar orang orang di sekeliling Anda memandang Anda secara utuh, tanpa memiliki kekurangan apapun.

  1. Bicarakanlah gangguan pendengaran anda kepada semua orang. Teman kerja, keluarga, maupun teman-teman dekat anda. Siapapun, kapanpun, dan dimanapun, Anda tidak boleh menyembunyikan kekurangan Anda. Percayalah bahwa gangguan pendengaran bukanlah suatu hal yang memalukan dan yakinkan lawan bicara Anda mengenai hal tersebut.
  2. Berikanlah informasi mengenai gangguan pendengaran kepada siapapun yang Anda ajak bicara agar mereka memahami Apa yang Anda rasakan.
  3. Buatlah gangguan pendengaran menjadi ciri khas Anda. Buatlah orang orang di sekeliling Anda paham dan tahu bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran namun bisa menyelesaikan apapun dengan kualitas yang sama dengan mereka yang tidak memiliki gangguan pendengaran. Pastikan Anda mengetahui apa yang harus dilakukan ketika seseorang meminta bantuan kepada Anda sehingga mereka mengerti bahwa Anda dapat melakukan apapun seperti layaknya mereka yang normal.
  4. Carilah komunitas yang memahami kekurangan Anda, sehingga Anda dapat secara bebas mengungkapkan apa yang Anda rasakan sebagai penderita gangguan telinga. Siapa tahu mereka bisa menyebarkan informasi yang Anda berikan.
  5. Tuangkanlah keluh kesah ataupun keuntungan Anda sebagai pengidap gangguan telinga di berbagai media sosial. Intinya adalah Anda membagikan pengalaman kepada semua orang agar mereka lebih mengerti bagaimana hidup seorang penderita gangguan telinga.
  6. Bantu teman Anda ataupun keluarga Anda yang juga memiliki masalah yang sama. Berikan mereka semangat agar mau untuk melakukan tes pendengaran ataupun alat bantu dengar jika diperlukan.
  7. Jadilah seseorang yang kreatif. Buat gangguan pendengaran dipahami oleh semua orang.
    Jika Anda telah melakukan hal-hal tersebut, percayalah bahwa suatu saat nanti Anda akan menjadi orang yang dihormati dan tidak akan dipandang sebelah mata. Semua orang harus memahami bahwa pengidap gangguan pendengaran juga manusia biasa layaknya mereka yang normal.
Baca Juga  Penurunan Pendengaran Dan Penglihatan

Leave a Reply