January 27, 2021
Penyebab Pendengaran yang tersumbat

Penyebab Pendengaran yang Tersumbat

Memiliki pendengaran yang tersumbat atau dikenal dengan istilah  Muffled Hearing terasa seperti Anda memiliki “kapas di telinga Anda” dan menyebabkan munculnya gangguan pendengaran. tetapi apa penyebab paling umum dari telinga yang tersumbat? Tergantung pada alasan pendengaran yang teredam, efeknya dapat terjadi dari waktu ke waktu atau secara instan. Bisa juga terjadi pada satu telinga atau kedua telinga.

Apa itu  telinga tersumbat “Muffled Hearing”?

Alasan paling umum untuk pendengaran yang tidak jelas adalah gangguan pendengaran konduktif . Berbagai faktor atau kondisi medis dapat menyebabkan hal ini, termasuk penumpukan kotoran telinga dan infeksi telinga. Anda mungkin juga menderita telinga yang tersumbat .

Dalam kebanyakan kasus, ini sangat bisa diobati dan tidak menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Seorang ahli dapat menentukan alasan pasti untuk gangguan pendengaran dan mengambil langkah-langkah yang cukup untuk menghindari kerusakan pendengaran lebih lanjut atau permanen. Dalam kasus gangguan pendengaran sensorineural , kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan audiolog.

Mengapa telinga terasa tersumbat dan tidak nyaman?

Ada beberapa alasan luas untuk terjadinya penurunan kemampuan pendengaran yang sering dianggap sebagai teredam atau tidak jelas. Dalam beberapa kasus, suara mungkin tampak terlalu sunyi atau orang yang terpengaruh mungkin tidak mendengar frekuensi tertentu sama sekali. Biasanya, penyebabnya terletak pada obstruksi pada saluran telinga, seperti pertumbuhan abnormal atau kumpulan cairan atau kotoran telinga .

Pemadatan kotoran telinga

Sekresi kotoran telinga adalah proses alami. Ini membantu melindungi bagian internal sensitif telinga dari kerusakan yang disebabkan oleh debu dan partikel kecil . Akumulasi kotoran telinga dapat menyebabkannya mengeras dan menghalangi jalannya gelombang suara. Ini akan mencegah telinga dari proses menerima suara dengan benar , bahkan menyebabkan telinga tersumbat.

Baca Juga  Kebutuhan Anak Tunarungu Di Sekolah

Dianjurkan untuk membersihkan telinga secara teratur dengan kit pelepasan kotoran telinga khusus. Kit ini berisi solusi untuk melunakkan lilin dan membiarkannya mengalir keluar atau berkonsultasi dengan spesialis. Tidak disarankan untuk menggunakan cotton buds atau memasukkan benda apapun di telinga. Mereka mungkin mendorong kotoran telinga lebih dalam dan memperburuk kondisi atau bahkan melubangi gendang telinga.

Otitis Media

Infeksi pada telinga tengah atau Otitis Media juga dapat menyebabkan pendengaran yang tidak jelas dan merusak telinga lebih jauh. Juga dikenal sebagai telinga lem, kondisi ini menghadirkan kumpulan cairan di telinga tengah yang menghalangi transmisi suara ke telinga bagian dalam. Tergantung pada konsistensi dan kepadatan cairan, pendengaran yang berkurang dapat bervariasi dalam tingkat keparahan. Dalam beberapa kasus, perawatan tidak diperlukan karena telinga menjadi bersih sendiri. Namun, selalu terbaik untuk mencari bantuan profesional dan mengikuti instruksi dari dokter Anda.

Infeksi telinga

Ada beberapa jenis infeksi telinga tambahan yang dapat bermanifestasi dan menyebabkan pembengkakan saluran telinga (telinga perenang). Pilek atau flu juga dapat menyebabkan ini. Peradangan saluran telinga mungkin membengkak bagian ke telinga bagian dalam dan menyebabkan pendengaran teredam atau tersumbat perasaan dan ketidaknyamanan. Virus umum juga dapat memicu infeksi telinga dan memengaruhi telinga tengah dan konduksi suara yang tepat. Kondisi serius, mungkin perlu perawatan dengan antibiotik.

Perforasi gendang telinga

Kerusakan pada gendang telinga juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran berupa pendengaran yang tidak jelas. Biasanya terjadi setelah trauma atau karena pemadatan kotoran telinga. Seorang spesialis harus menentukan perawatan dan dapat mencakup pembedahan atau antibiotik.

Pertumbuhan abnormal

Pertumbuhan di telinga seperti tumor, penumpukan jaringan atau pertumbuhan cairan dapat menyebabkan penyempitan saluran telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran. Penghapusan pertumbuhan dapat menjadi solusi bersama dengan pengobatan dengan obat-obatan yang diresepkan oleh profesional kesehatan.

Baca Juga  Usia Dan Gangguan Pendengaran, Berhubungan

Jika Anda merasa sudah, atau seseorang yang Anda kenal telah mengalami gangguan pendengaran akibat telinga tersumbat ini, kami sarankan Anda menghubungi audiolog atau tenaga profesional perawatan pendengaran di kota Anda.