January 27, 2021
tanda awal gangguan pendengaran

Tanda Utama Anda Terkena Gangguan Pendengaran

Tanda awal gangguan pendengaran – Orang-orang sering terkejut mengetahui bahwa mereka memiliki gangguan pendengaran.

Tetapi hal yang sama seringkali  tidak terjadi  jika mereka mengalami gangguan pendengaran. Sementara paparan tiba-tiba terhadap suara-suara keras seperti suara tembakan atau kembang api dapat berdampak langsung,tetapi kondisi gangguan pendengaran ini biasanya berkembang secara bertahap.

 

Karena alasan ini, sulit untuk menyadari bahwa pendengaran Anda telah berkurang. Bahkan orang-orang di sekitar Anda mungkin juga tidak menyadari bahwa Anda kehilangan pendengaran.

Kehilangan pendengaran bisa disebabkan oleh pendengaran selektif oleh pasangan, kurangnya konsentrasi oleh majikan, dan jarak emosional oleh teman dan keluarga. Dalam situasi di mana rekan kerja mencurigai gangguan pendengaran , ada kemungkinan mereka akan menghindari topik tersebut sama sekali agar tidak terlihat terlalu sensitif.

 

Tanda Awal Gangguan Pendengaran

Kehilangan pendengaran tidak pernah menjadi lebih baik dengan sendirinya, buatlah pengakuan dini dan jalani perawatan yang diperlukan untuk rencana pemulihan sebaik mungkin.

Karena meningkatnya penggunaan perangkat mendengarkan pribadi dan perkembangan lingkungan perkotaan yang keras, gangguan pendengaran mempengaruhi semakin banyak orang. Dengan lebih dari 24 juta orang Indonesia sudah hidup dengan gangguan pendengaran, kemungkinan jumlah ini akan terus meningkat. Pikirkan Anda mungkin salah satu dari orang-orang itu?

 

Jika Anda mengenali lebih dari beberapa gejala ini pada diri sendiri atau orang lain, evaluasi pendengaran diperlukan
  • Secara teratur meminta orang untuk mengulangi perkataan mereka , terutama di lingkungan yang ramai.
  • Kadang-kadang menemukan bahwa tanggapan Anda terhadap pertanyaan atau frasa tertentu tidak pantas karena kesalahpahaman .
  • Orang dengan suara bernada tinggi, terutama wanita dan anak-anak, sulit untuk dipahami .
  • Ketika orang lain telah berulang kali meminta Anda untuk mengurangi volume di TV atau radio.
  • Telah didiagnosis dengan kondisi kesehatan yang terkait dengan gangguan pendengaran, seperti diabetes, penyakit jantung atau peredaran darah, kondisi tiroid, tekanan darah tinggi, penyakit sel sabit, dan / atau kekurangan vitamin B-12.
  • Faktor pribadi lainnya , misalnya: faktor genetis dalam keluarga, telah mengalami cedera kepala, kemoterapi yang diterima, dan / atau jika sedang mengonsumsi obat-obatan yang diketahui ototoxic.
  • Telah bekerja di salah satu profesi berikut : konstruksi, dinas militer, industri dan pekerjaan pabrik, pertanian, musik dan hiburan, dan / atau layanan publik seperti pemadam kebakaran dan mengemudi ambulans.
  • Terlibat dalam kegiatan rekreasi yang melibatkan suara sangat keras seperti berburu, menghadiri konser atau acara olahraga, atau mendengarkan perangkat musik pribadi.
  • Setelah seharian berbicara atau mendengarkan orang lain, merasa lebih lelah dari biasanya.
  • Ketika percakapan tanpa tatap muka, seperti di telepon sering membuat frustasi.
  • Menghindari pertemuan sosial karena bosan dengan kesalahpahaman orang lain.
  • Secara teratur mengeluh bahwa orang lain berbicara terlalu cepat atau menggumamkan kata-kata mereka.
  • Mendengar dering di telinga.
  • Orang lain tampaknya secara teratur merespons suara yang tidak diperhatikan , seperti kicau burung sedangkan Anda tidak.
Baca Juga  Paparan Suara Bising Mengancam Pendengaran

 

Ambil Langkah Menuju Pendengaran yang Lebih Baik

Jadi, apa yang Anda lakukan jika daftar di atas mengkonfirmasi kecurigaan Anda bahwa Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran? Langkah selanjutnya adalah mengunjungi seorang profesional perawatan pendengaran yang dapat mendiagnosis gangguan pendengaran dengan benar dan merekomendasikan perawatan terbaik.

 

Salah satu kemungkinan hasil evaluasi pendengaran adalah rekomendasi untuk alat bantu dengar. Berbeda dengan perangkat di masa lalu, alat bantu dengar hari ini sepenuhnya digital dan dapat terhubung ke sejumlah perangkat audio, seperti smartphone dan TV.

 

Bukankah sudah waktunya Anda kembali mendengar suara kehidupan, apakah suara orang yang Anda cintai atau hanya suara burung yang bernyanyi? Anda memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan hari ini, jadi mengapa tidak memutuskan untuk mengurangi gangguan pendengaran Anda?.