Tes Pendengaran Dengan Audiometer

Tes pendengaran – Kehilangan pendengaran dapat didiagnosa setelah pasien diperiksa dengan pure tone audiometry. Pasien harus dicek beberapa kali disertai dengan treatment khusus sebelum didiagnosa bahwa pasien tersebut memiliki gangguan pendengaran. Biasanya, pasien disarankan untuk dicek dengan alat ini jika mengalami beberapa gejala, misalnya kesulitan mendengarkan orang saat berbicara, sulit fokus mendengarkan suatu percakapan ketika berada ditempat ramai, dll. Berikut beberapa tanda yang harus diperhatikan mengenai kemampuan mendengar Anda:

Penurunan kemampuan mendengar

Kesulitan mendengarkan orang saat bercakap-cakap merupakan salah satu gejala utama yang harus diwaspadai. Sebagai contoh, orang tersebut merasa seolah orang-orang di sekitarnya berbicara terlalu pelan atau bahkan hanya berbisik. Orang ini biasanya selalu meminta lawan bicaranya untuk berbicara lebih keras atau mengulangi percakapannya, apalagi saat mereka mengobrol lewat telepon. Orang-orang yang mengalami gejala ini biasanya memiliki masalah pendengaran, terutama jika harus mendengar suara wanita dan anak-anak yang memiliki suara lebih kecil dibanding pria.

Kesulitan mendengarkan di suasana ramai

Beberapa orang menyadari jika mereka kesulitan mendengar saat mereka berada di suasana yang ramai seperti restoran, pesta, tempat konser, atau bahkan di pinggir jalan. Jika Anda merasakan kesulitan yang sama, sebaiknya Anda segera mengecek pendengaran Anda.
Ketidakmampuan untuk bersosialisasi di suasana ramai membuat banyak orang merasa frustasi dan kehilangan rasa percaya diri. Karena mendengarkan merupakan salah satu keterampilan utama untuk bersosialisasi, tidak mampu mendengar dengan baik akan menjadi masalah besar. Mengecek pendengaran Anda bisa menjadi solusi untuk menghadapi kesulitan yang satu ini.

Volume TV dan radio yang harus keras

Jika seseorang selalu merasa suara TV atau radio mereka terlalu pelan padahal sudah dikeraskan, masalahnya mungkin terletak pada kurangnya kemampuan mendengar mereka. Ini merupakan salah satu gejala umum berkurangnya kemampuan mendengar seseorang. Orang tersebut mungkin saja tidak menyadari penurunan pendengaran mereka. Oleh karena itu anggota keluarga harus memperhatikan kemampuan mendengar orang tersebut, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat suka mendengarkan suara musik dengan suara bas dan drum yang keras.
Kerana menurunnya kemampuan mendengar seringkali tidak disadari, maka dari itu penting untuk melakukan tes pada pendengaran Anda. Tes pendengaran dapat dilakukan pada dokter THT atau di pusat alat bantu pendengaran.

Baca Juga  Kehilangan Pendengaran, Inilah Tandanya

Leave a Reply