Dampak Gangguan Pendengaran: Terjatuh

Dampak Gangguan Pendengaran: Terjatuh

Dampak dari gangguan pendengaran – Pendengaran Anda memainkan peran yang jauh lebih besar daripada yang Anda kira. Telinga kita adalah rumah bagi lebih dari sekadar saraf pendengaran. Telinga juga merupakan rumah bagi koklea, dari situlah rasa keseimbangan kita berasal. Di dalam koklea terdapat saluran setengah lingkaran dan organ otolitik yang bertanggung jawab atas keseimbangan kita. Seiring dengan indera penglihatan dan sentuhan kita, ini adalah bagaimana tubuh kita merasakan gerakan.

Karena saraf pendengaran dan koklea terletak di area yang sama di telinga bagian dalam, tidak mengherankan jika gangguan pendengaran dapat mempengaruhi keseimbangan Anda. Padahal, tahukah Anda bahwa mereka yang mengalami gangguan pendengaran bisa mengalami peningkatan jatuh?

Hubungan Gangguan Pendengaran dan Jatuh

Karena kedekatan saraf pendengaran dan koklea, gangguan pendengaran dan masalah keseimbangan seringkali dapat dialami bersama-sama. Dampak masalah dengan telinga bagian dalam yang menyebabkan gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan masalah keseimbangan atau peningkatan jatuh.

Gangguan pendengaran dan masalah keseimbangan tidak selalu berjalan bersamaan. Anda dapat mengalami gangguan pendengaran tanpa pernah mengalami masalah dengan keseimbangan Anda. Anda juga dapat mengalami pusing atau masalah keseimbangan meskipun Anda tidak mengalami gangguan pendengaran. Bagaimanapun, yang terbaik adalah bersikap proaktif jika Anda merasa tidak stabil atau mengalami kesulitan mendengar.

Siapa yang Harus Saya Temui untuk Bantuan?

Seorang audiolog bersertifikat dapat membantu Anda mengelola gangguan pendengaran Anda dan dapat mendiagnosis masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan keseimbangan Anda. Jika Anda tidak yakin apakah Anda mengalami gangguan pendengaran, maka tes pendengaran adalah langkah pertama. Tes pendengaran akan memungkinkan audiolog Anda untuk mengidentifikasi tanda-tanda infeksi atau kerusakan telinga tengah/dalam yang mungkin menyebabkan gangguan pendengaran atau masalah keseimbangan Anda.

Baca Juga  Tinnitus dan Gangguan Pendengaran

Jika Anda baru saja mengalami kehilangan pendengaran secara tiba-tiba karena cedera kepala atau telinga, maka Anda harus segera mencari bantuan. Setiap trauma pada kepala atau telinga tidak hanya dapat mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural, tetapi juga dapat menyebabkan peningkatan jatuh dan masalah keseimbangan atau pusing lainnya.

Temukan audiolog bersertifikat di dekat Anda. Mereka akan dapat membantu Anda mengelola tanda-tanda gangguan pendengaran dan membantu Anda merasa stabil kembali. Jangan biarkan dampak dari gangguan pendengaran mempengaruhi keseimbangan Anda, mulailah perjalanan menuju pendengaran yang lebih baik hari ini.

 

Sumber:

https://www.earq.com/hearing-health/articles/hearing-loss-increased-falling