Tips Mencegah Infeksi Telinga Anak

Tips Mencegah Infeksi Telinga Anak

Infeksi telinga (kadang-kadang disebut otitis media akut) adalah infeksi telinga tengah, ruang berisi udara di belakang gendang telinga yang terdiri dari tulang-tulang kecil telinga yang bergetar. Kemungkinan infeksi telinga lebih tinggi pada anak-anak daripada orang dewasa.

Antibiotik sering digunakan untuk mencegah infeksi. Beberapa orang rentan terhadap beberapa infeksi telinga. Masalah pendengaran dan komplikasi parah lainnya dapat terjadi. Adenoid adalah dua bantalan jaringan tipis setinggi hidung yang diharapkan berkontribusi pada fungsi sistem kekebalan tubuh.

Karena fakta bahwa kelenjar gondok berada di dekat saluran eustachius, kelenjar gondok akan membengkak dan menghalangi saluran. Ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga tengah. Kelenjar gondok yang meradang lebih mungkin berperan dalam infeksi telinga anak karena anak-anak memiliki kelenjar gondok yang relatif lebih besar daripada orang dewasa .

Gangguan Pada Telinga Tengah

Gangguan telinga tengah yang mungkin terkait dengan infeksi telinga atau berkontribusi pada masalah telinga menengah terkait termasuk:

  • Otide di telinga tengah tanpa peradangan bakteri dan virus. Pembengkakan dan deposisi cairan di telinga tengah. Ini dapat terjadi karena retensi cairan berlanjut setelah infeksi telinga. Bisa juga timbul tergantung pada tuba Eustachius memiliki kelemahan atau tidak.
  • Otitis media efusi kronis terjadi ketika cairan bertahan di telinga tengah dan cenderung kembali tanpa infeksi dari bakteri atau virus. Ini menyebabkan anak-anak rentan terhadap infeksi telinga baru dan masalah pendengaran.
Faktor Risiko Infeksi Telinga
  • Usia. Ukuran dan bentuk tuba eustachius dapat berpengaruh. Dan fakta bahwa sistem kekebalan muda terus berkembang membuat anak-anak antara 6 bulan dan 2 tahun lebih rentan
  • Pesta. Anak-anak yang dirawat di lingkungan sosial lebih mungkin menderita pilek dan infeksi telinga daripada anak-anak yang berada di rumah. Anak-anak rentan terhadap lebih banyak penyakit di lingkungan masyarakat seperti flu biasa.
  • Makanan untuk bayi. Bayi yang minum dari botol tampaknya memiliki lebih besar kemungkinan mengalami infeksi telinga daripada bayi yang mengkonsumsi ASI, terutama saat mereka berbaring.
  • Faktor musim. Infeksi telinga lebih sering terjadi pada musim gugur dan musim dingin

Komplikasi jangka panjang tidak terjadi pada sebagian besar infeksi telinga. Infeksi telinga yang parah dapat mencakup komplikasi berikut:

  • Penglihatan terganggu. Gangguan pendengaran ringan yang berhubungan dengan infeksi telinga relatif umum tetapi biasanya membaik setelah infeksi diatasi. Infeksi telinga yang terjadi berulang kali, atau cairan di tengah telinga, dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang lebih signifikan. Jika gendang telinga atau komponen telinga tengah lainnya mengalami gangguan permanen, mungkin ada gangguan pendengaran permanen.
  • Ketika pendengaran pada bayi dan anak-anak terpengaruh untuk sementara atau permanen, perkembangan komunikasi, bahasa, sosial dan kognitif dapat tertunda.
Pencegahan

Pegang anak Anda dalam posisi tegak jika Anda memberi susu botol. Atau Anda dapat memberikan penyangga kepala untuk anak agar posisi anak tidak sejajar saat minum dari botol. Jangan menaruh botol bayi Anda di tempat tidur.

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang vaksin. Vaksin dapat membantu mencegah atau mengurangi flu musiman, pneumokokus bakteri, dan infeksi telinga.

Peran Tabung Eustachius

Tuba Eustachius adalah sepasang tabung sempit yang memanjang dari masing-masing telinga tengah ke atas melalui saluran hidung di bagian belakang tenggorokan.

  • Mengubah tekanan udara telinga tengah
  • Mendinginkan udara di telinga
  • Tiriskan dari sekret alami telinga tengah
  • Saluran Eustachius yang membengkak dapat tersumbat, dan cairan di telinga tengah dapat menumpuk. Cairan ini dapat terkontaminasi serta menyebabkan gejala telinga.

Pada bayi, saluran eustachius lebih pendek dan horizontal, sehingga lebih mudah untuk mengalirkan air. Sedangkan orang dewasa harus waspada terhadap gejala infeksi telinga karena bisa lebih parah daripada gejala pada anak-anak yang seringkali ringan dan cepat berlalu.

Infeksi Telinga Bagian Dalam

Peradangan dapat menjadi suatu kondisi yang didiagnosis sebagai infeksi telinga bagian dalam dan bukan infeksi nyata. Gejalanya meliputi (selain nyeri telinga) mual dan muntah. Kondisi telinga bagian dalam mungkin menunjukkan penyakit yang lebih parah, seperti meningitis.

Infeksi Telinga Tengah

Telinga tengah berada di belakang gendang telinga. Infeksi pada telinga tengah juga disebut otitis media. Cairan terperangkap di belakang tangkai yang memungkinkan tangkai tumbuh. Demam bisa datang dengan Otitis media. Anda juga akan mengalami masalah pendengaran sebelum infeksi mulai hilang.

Pilek atau masalah pernapasan lainnya terkadang menyebabkan infeksi telinga sedang. Infeksi menyebar melalui saluran Eustachius ke satu atau kedua sisi. Tekanan udara di telinga Anda dikendalikan oleh tabung-tabung ini. Bagian belakang hidung dan tenggorokan Anda terhubung.
Tuba eustachius dapat teriritasi oleh infeksi dan membengkak. Ini dapat dicegah dengan pembengkakan karena mengeringkannya dengan benar. Ini menumpuk di gendang telinga Anda jika cairan tidak dapat mengalir di dalam tabung ini.

Pengobatan Infeksi Telinga Luar

Telinga luar adalah bagian telinga yang membentang dari gendang telinga hingga kepala. Infeksi pada telinga luar sering disebut otitis eksterna. Infeksi di telinga luar terkadang dimulai dengan ruam yang gatal.

Seringkali infeksi telinga luar disebut “swimmer ear“. Dimulai karena air dingin yang tersisa di telinga Anda saat Anda berenang atau mandi. Kelembaban adalah dasar dari reproduksi bakteri. Infeksi bakteri dapat terjadi ketika telinga bagian luar Anda tergores atau jika Anda mengiritasi jari bagian luar atau hal-hal lain di tubuh Anda.

Salah satu alasan infeksi pada masa kanak-kanak adalah bahwa anak-anak memiliki pipa Eustachius yang lebih kecil dan lebih horizontal daripada orang dewasa di sebagian besar negara. Anda lebih mungkin mengalami infeksi telinga jika Anda memiliki saluran eustachius yang pendek atau memiliki saluran yang tidak miring.

Merokok dan perokok pasif kemungkinan akan meningkatkan peluang Anda terkena infeksi telinga. Alergi musiman juga memainkan peran besar. Meningkatkan risiko infeksi telinga juga dapat menyebabkan pilek atau infeksi saluran pernapasan atas.

Source:
https://www.utentclinic.com/news/guide-to-ear-infections