Gangguan Keseimbangan Pada Anak

Kaitan Pendengaran Anak dengan Masalah Pusing & Gangguan Keseimbangan

Gangguan keseimbangan pada anak – Pendengaran anak yang terganggu merupakan salah satu faktor risiko lain yang berhubungan dengan masalah pusing ataupun keseimbangan pada anak. Merujuk pada artikel yang tertulis pada Science Daily, dikatakan bahwa 1 dari 20 anak berusia 3 – 17 tahun mengalami permasalahan pusing dan keseimbangan. Persentase anak dengan masalah pusing ini kemudian mengalami peningkatan sebanyak 4,1% pada usia 3 – 5 tahun, 3,6% anak dengan usia 6 – 8 tahun, 6% anak dengan usia 12 -14 tahun dan 7,5% anak dengan usia 15 – 17 tahun.

Masalah Pusing dan Gangguan Keseimbangan Pada Anak

Masalah pusing dan keseimbangan pada anak adalah suatu hal yang umum terjadi, namun demikian orang tua harus waspada atas dua hal ini. Jika memang anak menunjukkan rasa pusing ataupun juga ketidakseimbangan, maka orang tua harus segera membawanya ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih dini penyebab dari masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh anak. Dengan demikian, dampak buruk atas masalah kesehatan yang timbul bisa segera diatasi dengan cepat.
Di tahun 2012, survey tentang keseimbangan anak dilakukan dan ditambahkan pada National Health Interview Survey. Dari hasil penelitian disebutkan bahwa dari 46% anak memiliki masalah pusing ataupun keseimbangan. Menurut para orang tua, anak-anak tersebut mengalami masalah koordinasi. Sedangkan 35,1% dilaporkan bahwa anak memiliki sakit kepala yang ringan. Sebanyak 30,9% anak mengalami masalah keseimbangan. 29% mengeluhkan adanya masalah vertigo. 25% dilaporkan mengalami jatuh dengan frekuensi yang tinggi. 8,5% dilaporkan mengalami masalah lain. Sebanyak 36% memeriksakan diri ke pihak penyedia layanan kesehatan dan 29% mendapatkan perawatan khusus.
Sekitar 1/3 dari anak yang mengalami masalah keseimbangan ataupun pusing memiliki permasalahan kesehatan lain. Anak-anak dengan diagnosa gangguan pendengaran memiliki kemungkinan mengalami masalah pusing ataupun keseimbangan. Faktor risiko lain yang berhubungan dengan masalah pusing ataupun keseimbangan adalah masalah berjalan, merangkak, berlari, sakit kepala, penundaan perkembangan tertentu dan anemia.

Baca Juga  Mengatasi Infeksi Telinga Kronis Pada Anak

Gangguan Pendengaran Anak

Terjadi peningkatan faktor risiko pada anak yang memiliki masalah gangguan pendengaran dengan masalah pusing ataupun keseimbangan. Orang tua dan para ahli perlu memberikan perhatian pada hal ini. Ahli pendengaran, ahli hidung dan tenggorokan serta orang tua harus melakukan wawancara secara intensif kepada pihak keluarga dan anak atas adanya hal umum yang mengarah pada masalah ini. Sehingga nantinya deteksi lebih awal dapat dilakukan. Selain itu masalah perkembangan dari segi motorik juga harus ditanyakan. Sebagai contoh, anak dengan keterlambatan berjalan mungkin saja memiliki permasalahan keseimbangan yang harus ditelaah lebih jauh.
Hal yang sangat penting untuk selalu diingat adalah masalah keseimbangan adalah suatu hal yang bisa diobati. Dengan mengharapkan bantuan dari pihak ahli pendengaran serta ahli terapis, masalah ketidakseimbangan dan pusing tentu dapat diatasi. Namun sebelumnya untuk mendeteksi adanya masalah, diperlukan suatu diagnosa yang tepat.

Leave a Reply