Komunikasi Untuk Anak Dengan Berkebutuhan Khusus

Komunikasi Untuk Anak Dengan Berkebutuhan Khusus

Kurangnya komunikasi menjadi tantangan utama. Semua orang berkomunikasi. Mungkin tidak selalu mudah untuk dilihat, dipahami, atau ditanggapi dengan cepat, tetapi itu ada terlebih untuk anak dengan berkebutuhan khusus. Bentuk yang dibutuhkan dapat bervariasi.

Titik awal paling penting dalam berkomunikasi adalah membuat daftar apa yang dapat dilakukan anak Anda, apa yang mereka sukai dan tidak sukai, dan bagaimana Anda mengetahuinya. Sangat mudah untuk membuat daftar panjang hal-hal yang tidak dapat dilakukan seseorang – tidak dapat bermain piano, berbicara bahasa Spanyol, mengisi laporan pajak, makan tiram, dan mengendarai sepeda roda satu. Ini tidak berarti Anda mengenal orang tersebut. Melihat apa yang dapat dilakukan seseorang itulah kita mengidentifikasi titik awal untuk bekerja.

Dapatkah Anda memikirkan empat hal yang disukai anak Anda dan empat hal yang tidak mereka sukai? Anda tahu ini karena anak Anda sedang berkomunikasi. Jadi anak Anda tidak berkomunikasi. Terkadang titik awal untuk mengembangkan keterampilan komunikasi mungkin sulit ditemukan, tetapi ada di sana.

Terkadang tantangan mungkin datang kemudian ketika banyak keterampilan dikembangkan dan kemudian ada sesuatu yang menghalangi kemajuan lebih lanjut. Diagnosis atau label mungkin diberikan sejak dini yang membuat Anda khawatir tentang masa depan. Label ini nantinya dapat diberhentikan karena tidak relevan lagi. Seluruh situasi bisa membingungkan dan mengkhawatirkan.

Jika seorang anak tidak dapat mempengaruhi dunia di sekitar mereka atau membuat sesuatu terjadi, hal ini kadang-kadang dapat menyebabkan mereka beralih ke diri mereka sendiri untuk mendapatkan rangsangan (misalnya, dengan mengayun atau memukul atau menggigit diri mereka sendiri). Penting bagi anak-anak pada tahap awal komunikasi untuk mengalami sebab dan akibat dan membuat pilihan. Guru Tuna Rungu anak Anda, guru pendidikan khusus atau ahli patologi wicara harus dapat memberi Anda saran dan ide untuk dicoba.

Penting agar anak Anda mengetahui apa yang sedang terjadi atau akan terjadi. Anda dapat menggunakan objek, simbol, dan gambar dengan tanda atau ucapan untuk membantu melibatkan anak Anda dalam apa yang sedang terjadi. Dengan menetapkan pola yang jelas tentang apa yang akan terjadi setiap hari, anak Anda akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan pemahaman tentang suatu pola daripada hal-hal yang terjadi begitu saja padanya.

Sistem yang Anda gunakan tidak masalah, asalkan efektif dan digunakan oleh anak Anda dan semua orang yang sering berhubungan dengannya. Penggunaan satu sistem seperti ucapan tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan sistem lain seperti tanda, gambar , dan objek. Kebanyakan orang tua akan menggunakan ucapan dan mendukungnya dengan menggunakan isyarat yang membantu. Seorang anak dapat memilih objek untuk memberi tahu Anda bahwa mereka lapar atau ingin bermain, dapat menandatangani kata penting dan menggunakan gambar untuk mendukung artinya atau menggunakan suara mereka dengan simbol.

Hal yang sangat penting adalah memiliki sistem komunikasi yang Anda dan semua orang lain yang bersama anak Anda secara teratur, setujui, gunakan, dan pahami.

Poin penting adalah bahwa sistem apa pun yang Anda gunakan harus:

  • digunakan di rumah dan sekolah
  • mudah digunakan
  • digunakan oleh semua keluarga, pengasuh, profesional , dan mereka yang sering berhubungan dengan anak Anda; dan
  • biarkan anak Anda mengekspresikan diri dan bergabung dengan keluarga dan kegiatan sekolah.

Komunikasi dapat melalui salah satu, atau campuran dari, berikut ini:

Percakapan

Ini mungkin bahasa Inggris, Arab, Yunani, Vietnam atau bahasa lisan lainnya

Bahasa

isyarat Bahasa Isyarat Australia ( Auslan ) adalah bahasa unik yang tidak terkait dengan bahasa Inggris lisan.

Sistem tanda tangan

Ada serangkaian sistem tanda tangan yang telah dikembangkan untuk membantu meningkatkan komunikasi dengan penyandang disabilitas. Ini didasarkan pada struktur Bahasa Inggris Lisan dan mungkin meminjam beberapa tanda dari Auslan (seperti Bahasa Inggris Bertanda dan Makaton)

Simbol objek

Tidak selalu mungkin untuk memiliki benda asli dekat, jadi objek dapat digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain (misalnya, sendok mungkin berarti ‘waktu makan malam’, kunci pada rantai mungkin berarti masuk ke mobil, spons mungkin berarti waktu mandi.)

 

Source:
Communication For Children | Aussie Deaf Kids