Pendengaran Berkurang, Inilah Tandanya

Gangguan pendengaran biasanya disebut sebagai kondisi kesehatan yang tidak terlihat dan tanda-tanda awal gangguan pendengaran sering diabaikan. Tidak seperti kondisi medis lainnya, Anda tidak dapat secara fisik melihat tanda-tanda gangguan pendengaran. Karena perubahan sering terjadi secara bertahap, sangat umum bagi individu dengan gangguan pendengaran untuk menemukan cara untuk mengatasi dan menjadi terbiasa dengan ketajaman pendengaran yang berkurang.

Keluarga dan teman sering kali menjadi orang pertama yang memperhatikan. Dalam sebuah artikel di CNN.com, audiolog Virginia Ramachandran menjelaskan, ÔÇťOrang tidak selalu menganggap bahwa mereka membutuhkan alat bantu dengar, karena gangguan pendengaran muncul secara bertahap. Biasanya mereka adalah orang terakhir yang tahu”.

Identifikasi Pendengaran Berkurang

Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu mengidentifikasi tanda-tanda peringatan umum pendengaran Anda berkurang:

  • Apakah Anda mengalami kesulitan mengikuti percakapan?
  • Apakah Anda meminta orang lain mengulanginya?
  • Apakah Anda mengeluh orang bergumam atau berbicara terlalu cepat?
  • Sulit bagi Anda untuk mendengar dan memahami wanita dan anak-anak?
  • Apakah Anda memiliki dering di telinga Anda?
  • Apakah Anda punya telinga favorit?
  • Apakah Anda mengalami kesulitan mendengar di telepon?
  • Apakah Anda menemukan diri Anda meningkatkan volume televisi Anda?
  • Apakah orang lain mengeluh bahwa Anda menjaga volume televisi Anda terlalu keras?
  • Apakah Anda menghindari tempat yang bising?
  • Apakah Anda pernah merasa malu karena salah paham apa yang orang lain katakan kepada Anda?
  • Apakah Anda merasa lelah setelah mendengarkan di lingkungan yang menantang?

Memahami Gangguan Pada Pendengaran

Individu dengan gangguan pendengaran memiliki kesulitan mengikuti percakapan dan memahami dengan suara perempuan dan anak-anak. Sebagian besar mengeluh bahwa orang bergumam atau berbicara terlalu cepat. Gangguan pendengaran sering disertai dengan tinnitus. Penumpukan kotoran telinga, pengobatan, paparan suara keras dan gangguan pendengaran semua dapat menyebabkan telinga berdenging, atau tinnitus. Deringnya mungkin konstan atau sesekali, tetapi sering kali merupakan tanda pertama gangguan pendengaran.

Orang dengan gangguan pendengaran mungkin lebih suka satu telinga, melaporkan bahwa mereka memiliki “telinga yang baik.” Mereka mungkin meminta orang lain untuk berdiri dekat dengan telinga yang lebih baik atau berbicara langsung ke telinga itu. Mereka yang kehilangan pendengaran bahkan dapat menghindari situasi mendengarkan yang menantang termasuk percakapan melalui telepon dan lingkungan yang bising.

Opsi Perawatan Untuk Pendengaran Berkurang

Jika Anda menjawab “ya” untuk semua pertanyaan yang tercantum di sini, jadwalkan evaluasi pendengaran lengkap dengan profesional pendengaran di daerah Anda . Perawatan yang efektif tersedia untuk gangguan pendengaran! Cara paling umum untuk mengatasi gangguan pendengaran adalah dengan alat bantu dengar, tetapi kadang-kadang diperlukan pengobatan atau pembedahan. Konsultasi pendengaran dengan seorang profesional adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memiliki gangguan pendengaran dan opsi apa yang tersedia jika Anda melakukannya.

Ambil langkah selanjutnya untuk memulihkan pendengaran Anda. Deteksi dini telah terbukti menciptakan hasil pengobatan yang lebih baik.