January 27, 2021
gangguan pendengaran

Tips Bepergian Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

Biasanya, orang dengan gangguan pendengaran akan mengalami beberapa kesulitan saat sedang melakukan perjalanan tertentu. Misalnya saja sulit untuk mendengar pengumuman oleh biro transportasi dari hotel yang tidak memiliki alat pendukung akan hal tersebut. Hal itu menjadi sebuah tantangan tersendiri baginya. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, berikut kami sampaikan beberapa tips bagi penderita gangguan pendengaran saat melakukan perjalanan:


Masalah apa saja yang umumnya dialami penderita gangguan pendengaran saat melakukan perjalanan?

  1. Kesulitan untuk mendengar pengumuman dari maskapai penerbangan, misalnya ketika hendak boarding maupun masuk ke dalam pesawat terbang.
  2. Melakukan pemesanan.
  3. Mendengar telepon saat berada di kamar hotel, yang dalam hal ini dapat mengakibatkan orang lain menggedor pintu kamar sebagai tanda peringatan untuk Anda.
  4. Saat menggunakan telepon umum, telepon hotel, bahkan ponsel pribadi.
  5. Kesulitan saat mendengar jadwal acara seperti rencana kegiatan, perjalanan wisata, mendengar sejarah museum, dan menonton pertunjukan yang disiarkan secara langsung.


Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

  1. Hiruk pikuk berbagai perjalanan baik pesawat, kereta, maupun toko dapat benar-benar melelahkan, apalagi bagi penderita gangguan pendengaran ini. Untuk itu, cobalah untuk membuat agenda mengenai semua jadwal perjalanan Anda terlebih dahulu, serta mintalah konfirmasi tertulis untuk meyakinkan bahwa informasi tersebut benar. Lalu, cetaklah salinan jadwal perjalanan tersebut termasuk konfirmasinya, dan pastikan mereka selalu ada untuk Anda dalam perjalanan tersebut.
  2. Mengirimkan pesan teks atau email pemberitahuan ketika Anda membuat reservasi baik akomodasi, perjalanan, dan wisata. Dengan cara ini, apabila terjadi keterlambatan atau pembatalan, maka Anda tidak akan melewatkan pemberitauan tersebut.
  3. Berikan dirimu banyak waktu untuk sampai di bandara, terminal bus, atau stasiun kereta. Beri tahukan pula kepada pihak yang berwenang bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran dan perlu diberitahu secara pribadi jika sudah waktunya untuk naik.
  4. Periksalah kembali papan pengumuman untuk mengonfirmasi waktu keberangkatan dan tujuan Anda. Bisa saja terjadi sebuah keterlambatan atau pintu pemberangkatan diganti. Jadi, lakukan konfirmasi keterangan Anda secara detail kepada tugas berwenang sebelum boarding.
  5. Ketika sedang berada dalam penerbangan, beritahukan kepada pramugari bahwa Anda sedang mengalami gangguan pendengaran serta mintalah kepadanya memberitahukan secara langsung jika ada pengumuman. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan kabin pramugari dan gang, sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengaksesnya.
  6. Informasikan akomodasi Anda bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran, sehingga Anda bisa lebih yakin bahwa pihak yang berwenang akan menghubungi Anda jika terjadi kondisi darurat.
  7. Jika Anda menggunakan alat bantu pendengaran, maka sebaiknya Anda membawa baterai ekstra dan baterai cadangan di barang bawaan Anda. Bawalah baterai cadangan tersebut pada saat check-in bilamana alat tersebut mulai habis baterainya
  8. Pastikan bahwa Anda memiliki cara yang cepat dan mudah untuk berbicara dengan orang lain di situasi ramai dan suara yang bising. Menulis menggukan sebuah pulpen dan kertas atau mengetik pada smartphone dapat mencegah terjadinya missed komunikasi.
  9. Jangan takut untuk memberi tahu orang lain bahwa Anda membutuhkan alat khusus untuk membantu Anda dalam mendengar karena Anda mengalami gangguan pendengaran. Biasanya, mereka akan berbaik hati akan saling menolong sesama traveler.
Baca Juga  Infeksi Telinga - Otitis Eksterna

Demikian beberapa tips perjalanan untuk Anda yang mengalami gangguan pendengaran. Memang, melakukan perjalanan pada saat pendengaran Anda sedang terganggu bukanlah hal yang mudah, tapi Anda masih bisa melakukannya dengan benar jika mau melakukan beberapa tips diatas.

Leave a Reply