Tes Pendengaran Online, Harus Diperhatikan

Tes pendengaran online – Mempunyai kondisi telinga yang baik dan kemampuan mendengar yang normal adalah anugerah Tuhan yang harus disyukuri oleh tiap insan. Dengan indera pendengaran manusia dapat mendengar nada-nada merdu dan menjalin komunikasi dengan baik sehingga kehidupan sosial pun berjalan lancar. Namun, bagaimana dengan penderita tunarungu? Apakah mereka masih dapat melangsungkan hidupnya dengan baik?

Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula metode pemeriksaan gangguan pendengaran. Beberapa cara membantu penderita gangguan pendengaran diantaranya dengan penggunaan alat bantu dengar dan melakukan beberapa tes. Salah satunya adalah tes pendengaran online.

Saat ini sedang marak diperbincangkan dan banyak dimanfaatkan untuk membantu penderita gangguan pendengaran. Dengan kemudahan yang ditawarkan, sayangnya belum banyak orang yang mengetahui metode tersebut.

Apa Itu Tes Pendengaran Online?

Tes pendengaran dilakukan untuk menganalisia kemampuan pendengaran seseorang dalam menghantarkan suara yang dihasilkan dari luar menuju otak. Jika terdapat getaran dari luar, sinyal gelombang suara yang masuk ke telinga akan dikirim ke otak. Tes pendengaran online adalah tes untuk menganalisis kemampuan seseorang memproses sinyal suara yang dilakukan dengan bantuan gadget.

Melalui tes pendengaran online para penderita akan dimudahkan karena dapat dilakukan tanpa harus bertemu dengan audiologis serta dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tes pendengaran online adalah metode tes pendengaran yang mudah dan sederhana. Selama tes berjalan akan diminta untuk mendengarkan bunyi atau suara yang ada. Kemudian menyebutkan kata yang sudah didengar dan mengisikan kata yang didengar ke dalam bentuk kuisioner. Tes dengan menggunakan metode kuisioner disebut sebagai salah satu cara yang cukup baik dalam memeriksakan pendengaran Anda.

Jika Anda berminat, tes pendengaran online juga bisa dilakukan dengan beberapa metode. Salah satunya adalah dengan cara mendengarkan kata yang diperdengarkan dalam suasana bising. Kemudian Anda akan diminta untuk menyebutkan kata tersebut. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan cara membandingkan bunyi yang tersedia dalam beberapa frekuensi.

Baca Juga  Mengecek Kondisi Pendengaran Anda

Beberapa Tipe Tes Pendengaran Lainnya

Beberapa audiologis dan spesialis THT mempunyai cara berbeda dalam melakukan tes pendengaran. Perbedaan tipe pemeriksaan pendengaran ini tergantung dari penyebabnya. Bisa saja gangguan pendengaran yang diderita terjadi akibat adanya masalah pada saraf, luka atau infeksi dalam alat pendengar maupun karena adanya sumbatan di dalam atau luar telinga. Jika terjadi gangguan saraf telinga maka sinyal suara dari dalam telinga tidak dapat diproses dan dihantarkan ke otak.

  1. Tympanogram
    Memanfaatkan alat sadapan kecil yang akan dimasukkan ke telinga oleh dokter. Tes ini untuk mengetahui adanya kemungkinan kebocoran pada gendang telinga dan adanya cairan di telinga bagian tengah.
  2. Tes Weber dan Rinne
    Tipe tes pendengaran ini dilakukan untuk mengetahui jika ada masalah konduksi pendengaran.

Kini telah banyak layanan maupun aplikasi tes pendengaran online yang disediakan oleh hearing center di dunia. Tanpa harus mendatangi hearing center, kita bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut hanya dengan bermodal headphone. Di awal tes kita akan diminta untuk menggunakan headphone selama tes sedang berjalan. Hal ini dilakukan agar hasil yang didapatkan menjadi lebih akurat.

Beberapa hearing center menyarankan untuk menggunakan headphone agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Tes ini akan membantu menemukan ada tidaknya hambatan dalam proses pendengaran. Setelah melangsungkan tes, kita dapat mengetahui hasil analisa dengan segera dan mengetahui jika terdapat gangguan pendengaran.

Walaupun sudah mengetahui hasil tes pendengaran online yang dilakukan, penderita sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter THT atau Audiologist agar analisa menjadi lebih jelas.