Kotoran Telinga Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

Kotoran Telinga Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

Apakah kotoran telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran? Jawaban singkatnya adalah ya. Faktanya, kotoran telinga, atau serumen, adalah penyebab paling umum dari gangguan pendengaran konduktif. Jenis gangguan pendengaran ini adalah akibat dari penghalang fisik, seperti kelebihan kotoran, menghentikan suara dari perjalanan dari telinga luar ke telinga bagian dalam. Untungnya, gangguan pendengaran konduktif biasanya dapat diatasi dengan menghilangkan sumbatan.

Anda mungkin mengalami penyumbatan kotoran jika mengalami salah satu dari hal berikut:

  • Gangguan pendengaran
  • Sakit telinga
  • Gatal
  • Batuk
  • Kepenuhan di telinga Anda atau merasa seperti telinga Anda tersumbat
  • Tinnitus (telinga berdenging)

Namun, jangan berpikir bahwa serumen buruk untuk telinga Anda. Ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran jika menumpuk terlalu banyak atau jika mencoba membersihkan telinga dan mendorongnya kembali ke saluran telinga.

Apa Itu Serumen dan Mengapa Ada?

Adalah minyak yang diproduksi di dekat bagian luar telinga Anda untuk menjebak debu, bakteri, dan hal-hal lain yang berpotensi berbahaya. Saat mengunyah dan menggerakkan rahang, ini membantu migrasi alami kotoran saat bergerak dari saluran telinga ke bagian telinga yang terlihat.

Melalui proses ini, telinga Anda dirancang untuk membersihkan diri. Anda membutuhkan serumen untuk menjaga telinga Anda tetap sehat, dan bahkan jika telinga terlalu bersih dapat menyebabkan telinga kering atau gatal. Kebanyakan orang tidak perlu membersihkan telinga mereka. Namun, beberapa orang mungkin menghasilkan kotoran berlebih, memiliki saluran telinga yang tidak memungkinkan kotoran untuk keluar. Atau menemukan bahwa beberapa faktor lain membuat pembersihan kotoran secara manual diperlukan.

Apakah Membersihkan Serumen Dapat Menggunakan Kapas?

Tidak! Penyeka kapas (cotton bud atau benda asing lainnya) tidak boleh digunakan untuk membersihkan bagian dalam telinga Anda karena dapat mendorong kotoran lebih jauh ke dalam saluran dan menyebabkan impaksi. Serumen tidak diproduksi di dekat gendang telinga, jadi penyumbatan di bagian telinga tersebut merupakan indikasi bahwa kotoran telinga telah didorong ke dalam secara manual.

Baca Juga  Tips Mencegah Gangguan Pendengaran

Tidak hanya itu, cotton bud dan benda asing lainnya dapat dengan mudah merusak bagian halus telinga bagian dalam, terutama gendang telinga.

Apa Cara Terbaik Untuk Membersihkan Telinga?

Jika Anda mendapati diri Anda memiliki kotoran berlebih dan ingin menghilangkannya, para profesional menyarankan untuk menggunakan sesuatu seperti baby oil, gliserin, atau obat tetes yang dijual bebas untuk melunakkannya. Setelah itu, kotoran akan keluar dari telinga Anda secara alami dan dibersihkan dengan kain bersih dan lembut.

Jangan mencoba teknik pengangkatan ini jika Anda merasa memiliki lubang di gendang telinga Anda, karena ini dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, atau gangguan pendengaran.

Jika Anda masih mendapati diri Anda memiliki kotoran berlebih, atau jika Anda merasa tidak nyaman dengan prosedur di atas, penyedia layanan kesehatan pendengaran setempat dapat membantu Anda menghilangkannya dengan obat tetes telinga yang diresepkan, pembersihan lembut, atau bahkan pengisapan lembut.

 

Sumber:

https://www.earq.com/hearing-health/articles/can-earwax-cause-hearing-loss