Penyakit Meniere Dan Kesehatan Pendengaran

Penyakit Meniere Dan Kesehatan Pendengaran

Seiring dengan gejala umum penyakit Meniere, ada kemungkinan untuk menderita depresi atau kecemasan. Karena penyakit ini mempengaruhi pendengaran, Anda dapat mengembangkan rasa takut dan kehilangan kepercayaan diri untuk melakukan percakapan dengan orang lain atau di tempat kerja, yang dapat menyebabkan depresi atau kecemasan. Selain itu, gejala cenderung muncul entah dari mana, sehingga mereka yang hidup dengan Meniere dapat berada dalam keadaan cemas yang konstan , tidak yakin kapan suatu episode akan terjadi. Kabar baiknya: Ada cara untuk menghadapi ketakutan hidup dengan Meniere dan tinnitus.

Solusi Dan Bantuan Untuk Penderita Meniere

Berbagai pengobatan di rumah dapat membantu mengendalikan Meniere, meskipun tidak satupun dari mereka telah dipelajari secara ekstensif untuk mengetahui apakah mereka efektif atau tidak.

Rekomendasi diet Meniere

Perubahan pola makan dapat menurunkan jumlah cairan di telinga bagian dalam, yang dapat melemahkan gejala penyakit. Para peneliti yang melihat masalah ini menyimpulkan bahwa tidak ada uji klinis yang baik tentang diet dan penyakit Meniere. Berita bagus? Perubahan ini patut dicoba karena tidak berbahaya dan dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan:

  • Kurangi asupan garam: Garam membantu tubuh menahan air, jadi kurangi asupan minuman dan makanan kaya natrium.
  • Minum lebih sedikit kafein: Minuman berkafein dapat memperburuk gejala seperti tinitus, jadi yang terbaik adalah mengurangi jumlah stimulan ini dalam diet Anda.

Perubahan gaya hidup lainnya

  • Berhenti merokok: Banyak orang yang menderita penyakit Meniere dan yang secara teratur merokok melaporkan gejala yang melemah setelah berhenti.
  • Praktek manajemen stres: Stres dan kecemasan keduanya terkait dengan penyakit Meniere, tetapi keduanya bisa menjadi penyebab dan gejala penyakit. Mempelajari cara mengelola dan mengidentifikasi penyebab stres dapat memberikan kelegaan. Mungkin juga bermanfaat untuk mencoba teknik relaksasi atau meditasi.
Baca Juga  Peradangan Telinga: Gejala dan Penyebab
Perawatan Medis Untuk Meniere

Sayangnya, banyak perawatan untuk Meniere belum dipelajari secara ekstensif. Kolaborasi Cochrane, yang mengevaluasi penelitian medis, menemukan hanya dua perawatan yang memiliki bukti uji klinis untuk mendukung penggunaannya. Yaitu:

  • Suntikan telinga bagian dalam gentamisin, antibiotik, untuk membantu mengatasi pusing. Ini dikenal sebagai “ablasi kimia.” Peneliti Cochrane mengatakan satu penelitian menunjukkan itu berhasil, tetapi itu meningkatkan risiko gangguan pendengaran.
  • Suntikan steroid telinga bagian dalam untuk memerangi peradangan. Satu studi menunjukkan ini mungkin efektif.

Namun, untuk kedua suntikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui seberapa efektif mereka, para peneliti menyimpulkan.

Pilihan pengobatan lain yang kurang dipelajari secara khusus untuk Meniere meliputi:

  • Obat-obatan yang mengobati pusing, seperti antihistamin, benzodiazapen, dan antikolinergik
  • Diuretik, yaitu obat yang mengobati retensi cairan.
  • Pembedahan untuk mengurangi tekanan dan cairan di telinga bagian dalam

Ada banyak pilihan pengobatan Meniere lain yang disarankan, tetapi bukti penggunaannya masih kurang. Ini tidak berarti mereka tidak akan bekerja, mereka hanya belum dipelajari. Perawatan ini termasuk CBD, perawatan realitas virtual, terapi tekanan positif, akupunktur, dan terapi alternatif lainnya.

Siapa Yang Merawat Meniere?

Umumnya dokter telinga, hidung dan tenggorokan, yang dikenal sebagai otolaryngologists, mengatasi gangguan telinga bagian dalam. Jika Anda mengalami gejala tinnitus, gangguan pendengaran dan pusing, temui dokter perawatan primer Anda untuk rujukan ke dokter THT atau kunjungi pusat layanan kesehatan pendengaran di dekat Anda. Selalu mencari bantuan segera jika Anda mengalami gangguan pendengaran mendadak.

 

Sumber:

https://www.healthyhearing.com/help/tinnitus/menieres-disease