Mempertajam Kemampuan Mendengar Anak

Mempertajam Kemampuan Mendengar Anak

Mengembangkan, mempertajam atau mengasah kemampuan mendengar anak adalah hal yang penting. Untuk itu menjadi menarik jika kemampuan ini dilatih untuk anak dengan metode yang lebih menyenangkan, salah satunya adalah melalui permainan. Sedangkan dalam seri Sains A-Z untuk balita dan anak-anak usia pra sekolah, L mewakili kemampuan mendengarkan (Listening Skills). Berikut ini adalah beberapa permainan pendengaran yang dapat membantu melatih kemampuan mendengar untuk anak.

Permainan – permainan berikut ini akan membantu anak untuk berlatih melakukan observasi dengan indera pendengaran mereka sekaligus memungkinkan mereka untuk bergerak aktif. Apa saja permainan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

Mengasah Kemampuan Mendengar Anak Dengan Berburu Suara di Luar

Cobalah game berburu suara yang satu ini. Game ini terinspirasi dari permainan Mr. Brown Can Moo! Can You? Dalam permainan ini, anak-anak akan dihadapkan dengan sebuah buku yang berisi berbagai macam tulisan bunyi-bunyi suara seperti “Mooo”, “Meeong”, “kukuruyuk”, “wek wek wek”, dan masih banyak lagi. Ajak anak pergi ke luar dan mencari apa saja suara yang mereka dengar dan sesuai dengan tulisan di buku tersebut. Setelah itu lingkari suara yang didengar. Misalnya jika di luar bertemu bebek yang berbunyi “wek wek wek” maka lingkari tulisan “wek wek wek”.

Lakukan 3 Hal (Permainan Mengikuti Petunjuk)

Dalam permainan ini, anak – anak akan mencoba berlatih untuk mengikuti petunjuk atau instruksi. Dalam hal ini Anda dapat menjadi Simon dalam permainan Simon berkata …. Yang diikuti dengan perintah atau petunjuk yang harus dilakukan oleh anak misalnya Simon berkata ambilkan pensil warna maka anak-anak pun langsung mengambil pensil warna. Atau permainan Lakukan 3 Hal. Dalam permainan ini Anda akan berperan sebagai guru. Guru meminta anak untuk melakukan 3 hal secara berurutan. Contohnya, Lakukan 3 Hal: pertama ambil pensil warna, kedua menggambar balon di buku, dan ketiga kumpulkan ke guru.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Pendengaran Anda
Aktivitas Mendengarkan Dengan Balok

Aktivitas ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu balok-balok berwarna – warni. Anda cukup menyebutkan balok warna tertentu yang harus diletakkan. Misalnya ambil balok warna biru. Letakkan satu balok kuning di atasnya, letakan balok hijau di atasnya, dan seterusnya.

Permainan Menggambar

Mengasah kemampuan mendengar anak dapat dengan cara menggambar, bisa sangat lucu sekaligus mengasyikan. Permainan menggambar akan mengajarkan anak untuk melatih kemampuan mendengarkan sekaligus memberikan petunjuk. Permainan ini sekilas cukup sederhana tetapi harus dilakukan secara berpasangan. Orang pertama harus menggambar gambar tertentu di kertas tetapi tidak boleh diketahui oleh pasangannya. Gambar yang dibuat bisa gambar hewan, kendaraan, dan lainnya. Setelah selesai, pasangan yang tidak melihat gambar tersebut diminta untuk menggambar tetapi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh orang pertama yang menggambar tetapi tidak boleh menyebutkan nama gambar tersebut. Misalnya untuk gambar ayam, orang pertama hanya boleh mengatakan, lingkaran, dua lingkaran kecil, sebuah segitiga lancip ke depan, dan seterusnya. Pasti gambar yang akan dihasilkan oleh orang kedua belum tentu sama dengan orang pertama.

Leave a Reply