Pendengaran Sehat Seiring Bertambahnya Usia

Pendengaran Sehat Seiring Bertambahnya Usia

Tips pendengaran sehat – Gangguan pendengaran memang sering terjadi apalagi disertai dengan semakin bertambahnya usia Anda. Hal ini terjadi karena kemampuan telinga untuk mendengarkan sesuatu semakin berkurang apalagi di usia yang sudah semakin menua. Seperti yang terjadi pula pada organ tubuh lainnya seperti mata, kekuatan tangan kaki dan organ tubuh lainnya.

Dapat dilihat di sekitar kita pada sejumlah orang yang sudah berusia lanjut umumnya mempunyai kecenderungan pendengaran berkurang, sehingga mereka tidak mendengar suara jika tidak dengan suara yang keras bahkan ada pula yang tidak bisa mendengar sama sekali. Hal ini membuktikan bahwa memang seiring bertambahnya usia seseorang maka kemampuan mendengarnya juga akan semakin berkurang.

Memang hal tersebut tak hanya dapat disebabkan oleh faktor usia saja, namun sejumlah faktor lain juga bisa menjadi penyebabnya. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri jika faktor usialah yang berperan besar terhadap kondisi berkurangnya pendengaran seseorang.

Beralih dari sebuah kebetulan tak bisa dihindari tersebut, Audiologist Carolyn Pinkerton telah memberikan 3 tips untuk pendengaran yang sehat ketika Anda telah semakin bertambah menua. Inilah ulasan tentang 3 tips mendapatkan pendengaran sehat yang bisa dilakukan mulai dari sekarang agar kondisi pendengaran tetap sehat seiring bertambahnya jumlah usia Anda.

Tips Mendapatkan Pendengaran Sehat

1. Lindungi pendengaran Anda

Pakailah pelindung pendengaran atau pelindung telinga terutama ketika ada sumber suara yang bising dan keras. Tersedia banyak pilihan untuk berupaya melindungi telinga Anda yakni termasuk memakai busa penyumbat telinga atau headphone pembatalan kebisingan dan earbud custom-made yang bisa menyaring suara baik melalui penyaringan elektronik maupun penyaringan non elektronik. Dengan sejumlah upaya pelindung yang dapat lakukan melalui cara-cara tadi, minimal potensi kerusakan pada indera pendengaran bisa diminimalisir.

Baca Juga  Yoga Untuk Gangguan Pendengaran

2. Batasi pendengaran

Memang setiap orang memiliki jenis suara favorit yang disukainya masing-masing, entah dengan menghadiri sebuah konser, mengikuti ajang balapan mobil atau hanya dengan duduk bersantai di rumah dengan iPod ™ Anda yang begitu kencang mengasyikkan. Sesuai dengan tingkat kebisingan yang tengah Anda hadapi, ada batas waktu tertentu yang direkomendasikan sebagai waktu mendengarkan maksimal sebelum kerusakan pada pendengaran dapat terjadi.
Hal ini dimana adanya suara yang lebih keras maka semakin sedikit waktu yang harus Anda habiskan di sekitarnya. Tak masalah melakukan hal yang disukai karena kegiatan mendengar memang tak bisa dihindari selagi Anda masih hidup. Namun jangan menghabiskan waktu terlalu lama hanya untuk sekedar mendengar sesuatu melalui hal yang kurang menyehatkan dimana akhirnya malah akan merugikan diri Anda sendiri. Atur kegiatan mendengar Anda dengan frekuensi sewajarnya.

3. Pantau pendengaran Anda agar tetap sehat

Bahkan jika Anda segera mencurigai adanya gangguan pada pendengaran Anda, akan sangat membantu untuk melakukan sebuah tes pendengaran pada baseline. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk membandingkannya kembali suatu saat yang mungkin ketiak Anda telah mulai mengalami kesulitan untuk mendengar.
Bila Anda terkena kebisingan atau berisiko mengalami gangguan pada pendengaran yang disebabkan oleh usia maupun karena penyebab umum lainnya. Maka melakukan evaluasi pendengaran tahunan adalah sebuah cara terbaik untuk mengatasi berkurangnya pendengaran.

Demikian sedikit ulasan tentang 3 tips mendapatkan pendengaran sehat yang bisa dilakukan mulai dari sekarang supaya kondisi pendengaran tetap sehat seiring bertambahnya jumlah usia. Ketiga tips tadi sangat baik dilakukan jika Anda tidak ingin semakin bertambahnya usianya Anda pendengaran Anda semakin berkurang pula. Jadi, mulailah sekarang juga dan jangan tunda lagi. Lindungi, batasi dan pantau pendengaran Anda. Semoga berhasil.