Orang Dengan Gangguan Pendengaran

Seseorang yang mengalami masalah kehilangan pendengaran tentu tetap memiliki hak untuk jatuh cinta dan berkencan. Namun ketika hal itu tiba, ada dua pilihan kencan yang dapat dipertimbangkan yakni berkencan dengan seseorang dengan pendengaran normal atau dengan orang lain yang tunarungu. Bagi sebagian orang dengan gangguan pendengaran, menjalin hubungan dengan pasangan yang tunarungu ternyata tidak bertahan lama. Seseorang dengan masalah pendengaran cenderung lebih sulit untuk berkomunikasi.
Setelah mengalami pengalaman seperti ini, tidak heran seseorang menjadi ragu – ragu untuk menjalin hubungan kembali. Wajar jika akhirnya seorang yang kehilangan pendengaran merasa belum dewasa atau terlalu cepat mengambil keputusan. Selain itu, Ia mungkin juga salah persepsi bahwa semua orang tunarungu identik dengan bahasa isyarat. Apalagi jika sebelumnya ia belum atau sama sekali tidak pernah berinteraksi dengan orang lain yang sama-sama tuna rungu sehingga merasa tidak mampu berkomunikasi dengan mereka.
Untuk itu, sangat penting bagi para tuna rungu atau orang – orang dengan gangguan pendengaran untuk mengikuti seminar atau pertemuan – pertemuan yang khusus mempertemukan orang – orang tuna rungu. Tidak menutup kemungkinan di sana mereka akan bertemu dengan pasangan untuk menjalin hubungan.

Begini Tips Kencan Untuk Orang Dengan Gangguan Pendengaran atau Tunarungu

Sama seperti hubungan pada umumnya, ada waktu – waktu tertentu di mana hubungan menjadi menyebalkan ketika terjadi kesalahpahaman. Misalnya ketika pendengaran pasangan memburuk, wajar jika salah satu pasangan menjadi kesal ketika ia tidak mendengarkan saat dipanggil oleh pasangannya. Atau ketika salah satu pihak harus berbicara berulangkali. Jika pasangan merupakan seorang tuna rungu, menggunakan bahasa isyarat menjadi pilihan yang tepat.
Kadang ada waktu di mana salah satu pasangan merasa putus asa karena sampai kapanpun pasangan tidak dapat mendengarkan suaranya. Namun cinta dan kasih sayang tentu dapat menjadi bahan bakar yang kuat untuk menjaga agar hubungan tetap terjalin dengan baik.
Hal menarik jika berpasangan dengan orang yang sama-sama mengalami kehilangan pendengaran adalah dapat berbagi alat bantu dengar atau memiliki baterai alat bantu dengar cadangan ketika membutuhkannya. Namun ketika tiba waktu untuk berkencan, hal ini kadang terasa menantang. Biasanya pada saat berkencan, mereka lebih memilih restoran yang paling tenang dengan pencahayaan terbaik. Alasannya, supaya keduanya dapat lebih mudah memahami satu sama lain dengan baik.
Untuk kegiatan nonton, pergi ke bioskop yang menampilkan film dengan subtitle juga menjadi ide yang bagus atau bisa juga pergi bowling bersama. Kegiatan lainnya adalah bersantai di rumah sambil memasak makanan atau menonton film bersama. Hal yang cukup merepotkan adalah saat berada di suasana atau tempat yang gelap. Keduanya harus mencari tempat yang terang untuk dapat memahami gerakan bibir pasangan. Walaupun cukup merepotkan, jika hubungan tersebut dijalani dengan penuh komitmen, pasti dapat bertahan lama.

Baca Juga  Mempunyai Gangguan Pendengaran

Leave a Reply