Mengapa Memakai Dua Alat Bantu Dengar Lebih Baik daripada Satu

dua alat bantu dengar

Kenapa memakai dua alat bantu dengar lebih baik dari satu?, sebagai contoh coba tutup satu mata dengan tangan anda dan lihat sekeliling. Perhatikan bagaimana kejelasan, persepsi kedalaman, dan kesadaran spasial dipengaruhi?. Hal ini tidak jauh berbeda dengan telinga kita.

Sama seperti kita menggunakan kedua mata untuk melihat yang terbaik, kedua telinga kita bekerja sama untuk membantu kita mendengar yang terbaik. Itulah mengapa biasanya disarankan, bahkan jika gangguan pendengaran hanya terjadi di satu telinga  untuk meningkatkan kedua telinga dengan alat bantu dengar.

Mengenakan alat bantu dengar di kedua telinga dapat membantu:

Pemahaman pidato

Lebih mudah untuk selektif dalam mendengarkan, memungkinkan Anda untuk fokus pada percakapan dengan lebih mudah.

Deteksi suara

Anda dapat mendeteksi dengan lebih andal dari mana suara berasal, yang berguna dalam lingkungan sosial atau di jalan yang sibuk.

Perbedaan suara

Dengan satu alat bantu dengar, suara dan kata yang berbeda cenderung terdengar sama, sehingga lebih sulit untuk membedakan hal-hal seperti suara.

Kualitas suara

Sama seperti suara stereo pada radio, dua alat bantu dengar meningkatkan kualitas suara dari semua yang Anda dengar. Alat bantu dengar juga meningkatkan jangkauan pendengaran.

Stimulasi otak

Otak Anda suka mendapatkan masukan yang sama dari kedua telinga, dan kecil kemungkinannya untuk mengalami gangguan pendengaran.

Mendengarkan dengan mudah

Amplifikasi yang spesifik dan terprogram di setiap telinga tidak terlalu melelahkan, melelahkan, dan lebih memuaskan dibandingkan jika hanya satu telinga yang mendapatkan semua bantuan.

Filsuf Yunani, Epictetus, berkata, “Kita memiliki dua telinga dan satu mulut sehingga kita dapat mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.” Jika alat bantu dengar ada di sekitar tahun 75 M, dia pasti akan merekomendasikan agar kedua telinga kita selalu mendengar yang terbaik

Baca Juga  Telinga dan Bagian - Bagiannya

Ingin merasakan sendiri manfaat memakai dua alat bantu dengar? anda dapat menghubungi pusat alat bantu dengar di kota anda.  Anda bisa membuat janji temu  di sini dan kami akan menghubungkan Anda dengan profesional kesehatan pendengaran setempat yang dapat mendemonstrasikan bagaimana suaranya dan apa yang dapat mereka lakukan.