Tes Pendengaran ABR Untuk Anak

Apa yang dimaksud dengan Tes Pendengaran ABR?

Tes Auditory Brainstem Response (ABR) adalah tes yang aman dan tidak menyakitkan untuk melihat bagaimana saraf pendengaran dan otak merespon suara. Ini memberi informasi penyedia layanan kesehatan tentang kemungkinan gangguan pendengaran.

Mengapa Tes Respon Otak Auditori Dilakukan?

ABR dilakukan ketika:

  • Seorang bayi gagal pemeriksaan pendengaran bayi baru lahir .
  • Seorang anak terlalu muda untuk melakukan tes pendengaran reguler di bilik suara atau memiliki masalah medis atau perkembangan yang membuat duduk diam dan menanggapi suara tes pendengaran biasa sulit.

Bagaimana Seharusnya Kita Bersiap untuk ABR?

Mempersiapkan ujian tergantung pada usia anak Anda. Anak-anak yang lebih besar mungkin mendapatkan obat penenang (obat yang diberikan untuk membuat anak rileks, tenang, atau mengantuk) untuk ABR. Jika demikian, Anda akan mendapatkan instruksi tentang puasa sebelum ujian dan apa yang harus dilakukan di rumah setelah ujian.
Jika anak Anda:
Lebih muda dari 6 bulan, ABR biasanya dapat dilakukan tanpa sedasi . Bayi Anda harus tidur selama seluruh tes. Untuk membantu bayi Anda tetap tertidur:

  • Pada jam-jam sebelum ujian, jangan memberi makan bayi Anda atau membiarkan bayi Anda tidur.
  • Tiba untuk tes ketika bayi Anda lapar dan lelah tetapi bangun.
  • Sebelum tes dimulai, audiolog (spesialis pendengaran) akan meminta Anda untuk memberi makan bayi Anda dan membuat si kecil merasa nyaman. Bayi Anda dapat tidur di lengan Anda atau buaian untuk tes.

6 bulan atau lebih, ABR dapat dilakukan dengan sedasi . Ini akan membantu anak Anda tetap diam dan tenang selama ujian.

Bagaimana ABR Dilakukan?

Audiolog menempatkan earphone kecil di telinga anak dan elektroda lunak (stiker sensor kecil) di dekat telinga dan di dahi. Mengklik suara dan nada melalui earphone, dan elektroda mengukur bagaimana saraf pendengaran dan otak merespons suara.

Baca Juga  Mencegah Terjadinya Gangguan Pendengaran

Bisakah saya Tetap Dengan Anak Saya Selama ABR?

Jika anak Anda memiliki ABR yang tidak terdaftar , Anda dapat tinggal bersama anak Anda selama tes.
Jika anak Anda memiliki ABR yang dibius , tanyakan apakah Anda dapat tinggal bersama anak Anda selama tes. Anda mungkin perlu tinggal di ruang tunggu selama ujian.

Berapa Lama ABR Dibutuhkan?

Tes ABR biasanya memakan waktu 1-2 jam, tetapi janji temu dapat berlangsung sekitar 3 jam. Jika bayi yang tidur bangun selama tes, tes akan memakan waktu lebih lama karena bayi akan perlu tidur lagi untuk menyelesaikan tes. Anak-anak yang mengalami ABR sedasi dapat pergi ke area pemulihan ketika mereka bangun dari sedasi.

Apa Yang Terjadi Setelah ABR?

Audiolog akan memberi tahu Anda bagaimana tes berlangsung dan mendiskusikan langkah selanjutnya dengan Anda.
Jika anak Anda dibius, anggota tim sedasi akan menjelaskan apa yang harus dilakukan selama beberapa jam ke depan. Sebagian besar sedasi habis dalam 1-2 jam.

Kapan Hasil ABR Siap?

Audiolog akan mendiskusikan tes dengan Anda ketika selesai. Laporan akhir dengan rekomendasi akan tersedia dalam beberapa minggu. Jika ditemukan gangguan pendengaran, laporan itu juga akan pergi ke koordinator penyaringan pendengaran bayi baru lahir di negara bagian Anda.

Apakah Ada Risiko Dari ABR?

Tidak. ABR aman, tidak sakit, dan tidak memiliki efek samping. Jika anak Anda membutuhkan sedasi, diskusikan risiko dan manfaatnya dengan penyedia layanan kesehatan atau tim sedasi Anda sebelum tes.

Leave a Reply